PEMAHAMAN TENTANG BERBAGAI FAKTOR YANG DAPAT MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

murnawati murnawati

Abstract

Era globalisasi ini sangatlah pesat. Banyak perusahaan yang tumbuh dan berkembang di masing-masing bidang usaha yang mereka jalani. Hal ini  menyebabkan persaingan dunia usaha menjadi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang dapat  mempengaruhi Struktur Modal pada perusahaan Tekstil di Bursa Efek Indonesia.  Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk menjadi yang terbaik. Salah satu cara agar lebih unggul dibandingkan perusahaan lain adalah dengan meningkatkan nilai perusahaan dan kemakmuran pemilik perusahaan. Penelitian ini menggunakan 3 variabel,Yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Struktur Modal. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan Tekstil di Bursa Efek Indonesia . Pengujian Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi dan Uji Heteroskedastisitas. Pengujian Hipotesis data menggunakan Uji F, Uji T dan Uji Koefisien Determinasi.


     Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal.


Sedangkan Variabel Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh siginifikan terhadap Struktur Modal pada perusahaan Tekstil di Bursa Efek Indonesia.


Kata Kunci : Struktur Modal, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan.

Article Details

Section
Articles