PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN DALAM MENINGKATKAN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020)

Main Article Content

Nurliza Erdiyani Savitri
Rifkhan Rifkhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, piutang, dan perputaran persediaan terhadap peningkatan laba pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi berupa laporan keuangan 9 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 yang terdiri dari laporan posisi keuangan (neraca) dan laba rugi sebagai sumber data untuk melakukan penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif. Hasil penelitian dengan uji T ini menunjukkan bahwa secara parsial perputaran kas, piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap laba sedangkan hasil uji F menunjukkan perputaran kas.

Article Details

Section
Articles

References

Budi, Saksono. (2019). Analisis Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Laba Serta Dampaknya Terhadap Harga Saham (Studi Terhadap Perusahaan Otomotif Pada Malaysia Exchange Stock Tahun 2011-2016). Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi. 4(2). 1098 – 1117.
Damanik, M. (2017). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Dalam Meningkatkan Laba Bersih Pada PT Indofood Suka Makmur TBK. Skripsi Ekonomi Islam.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS for Windows. Semarang: BP Undip.
Hartono, K.D. (2016). Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba pada PT. Bentoel International Investama Tbk 2004-2013.
Hermawan, D. (2020). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2010-2018. Skripsi Akuntansi syariah.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Kholifah, N.E.T. (2020). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Kas, Persediaan, Piutang dan Total Aktiva dalam Meningkatkan Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Akuntansi Syariah.
Mangayuk, N.E., Sondakh, J.J., Suwetja G.I., (2019). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 7(3): 3608–17.
Megawati, N. (2019). Analisis Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan dalam Meningkatkan Profitabilitas pada PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO). Skripsi Akuntansi.
Riyanto, Bambang. (2016). dasar-dasar pembelanjaan perusahaan. BPFE. Yogyakarta.
Setiawan, Irwan. (2015). Pengaruh perputaran persediaan terhadap rentabilitas pada PT. Ades Waters Indonesia Tbk. Jakarta selama periode 2002-2009. Jurnal Ilmiah Akuntansi. 3(2). 767.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.