LITERATURE REVIEW: ETIKA DAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN PUBLIK

Main Article Content

Syafira Ramadhea Jr

Abstract

Akuntan Publik memiliki kode etik yang mengatur tentang etika profesi Akuntan Publik yang diterbitkan oleh IAMI, IAI, dan oleh IAPI dengan nama Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Kode etik profesi Akuntan Publik digunakan sebagai dasar bagi akuntan publik untuk dapat berperilaku etis dan menjadi jaminan moral yang berkualitas di masyarakat. Akan tetapi walaupun sudah ada kode etik profesi akuntan publik yang mengatur tentang tindakan akuntan publik, namun masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh akuntan publik, sehingga hal ini dapat menimbulkan skandal yang mencemarkan nama baik profesi akuntan publik itu sendiri dan menurunkan kepercayaan masyarakat. di akuntan publik. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan secara naratif tentang penerapan prinsip dan upaya penegakan Kode etik profesi akuntan publik agar hasil pemeriksaan sesuai dengan bukti yang ditemukan karena tidak ada rekayasa akuntansi yang menimbulkan dampak merugikan bagi pihak yang berkepentingan. Para Pihak. Tidak hanya itu, direkomendasikan agar semua pihak yang memiliki kepentingan bersama-sama mengambil peran dan bekerja sama untuk melakukan perbaikan dalam rangka penegakan Kode Etik Profesi Akuntan Publik.

Article Details

Section
Articles

References

Arens, A., & dkk. (2008). Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi Jilid I. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Ayuningtyas,D.(2019).www.cnbcindonesia.com.https://www.cnbcindonesia.com/market/20190809123549-17-90910/gara-gara-lapkeu-deretan-kap-ini-malah-kena-sanksi-ojk. Diakses tanggal 28 Agustus 2022.
Baron, & David, P. ((2006). Business and It's Environment. Edisi ke-5. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Education Inc.
Basmar, N. (2019). Pengaruh Prinsip Integritas, Objektivitas dan Perilaku Profesional terhadap Kualitas Audit Pada Kap Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 5 No. 2, 89-99.
Bela, K. (2020). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Akuntan Terhadap Perilaku Etis Akuntan di Denpasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
Bertens, K. (2004). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Indonesia, I. A. (2021).www.iaiglobal.or.id. Diunduh tanggal 01 September 2022.
Ismail, H., & Didik Kurniawan. (2018). Penerapan Kode Etik Auditor Dalam Menjaga Kerahasiaan Data Klien: Studi Kasus Kantor Akuntan Publik Tgs. Substansi, 2(2).
Kristianti, I. P., & Deranika, R. K. (2020). Role of Locus of Control and Understanding of Accountant Ethics on Accountant Ethical Behavior. Jurnal Review Akuntansi dan Keuangan,.
Ludigdo, U. (2006). Strukturisasi Pratik Etika di Kantor Akuntan Publik: Sebuah Studi Interpretatif. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.
Machfoedz, M. (1997). Strategi Pendidikan Akuntansi dalam Era Globalisasi. Jurnal Perspektif FE- UNS.
Mauludy, M. I., & dkk. (2017). Analisis Kasus Pelanggaran Standar Profesional Akuntan Publik Oleh KAP Winat. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017) Jember 27-28 Oktober 2017.
Mulyadi. (2013). Auditing. Edisi keenam. Jakarta: Salemba.
Muria, R., & Alim, M. (2021). Perilaku Etis dan Kode Etik Akuntan Profesional dalam Akuntan Publik. Wacana Equiliberium : Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi.
Nanang, S. (1999). Perkembangan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pada Masa Reformasi (Sebuah Telaah Kritis). Badan Pengurus Hubungan Masyarakat, Ikatan Akuntan Indonesia Cabang Jawa Barat.
Primaraharjo, B., & Handoko, J. (2011). Pengaruh Kode Etik Profesi Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit Auditor Independen Di Surabaya. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 27-51.
Rahayu, S., & Ely Suhayati. (2010). Auditing Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Simamora, H. (2002). Auditing. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Undang-undang No.5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik. Diakses tanggal 01 September 2022.