PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020

Main Article Content

Tito Marta Sugema Dasuki
Ana Nurhasanah

Abstract

Tujuan investor untuk berinvestasi adalah untuk mencari pendapatan baik berupa dividen atau laba ditahan. Para investor umumnya menginginkan pembagian dividen yang relatif stabil, karena dengan stabilitas dividen dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan sehingga mengurangi ketidakpastian investor dalam menanamkan dananya. Pada umumnya dividen kas lebih banyak diinginkan investor dari pada dalam bentuk lain, karena pembayaran dividen kas membantu mengurangi ketidakpastian investor dalam aktivitas investasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap dividen kas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Rancangan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif yang meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefesien determinasi, dan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas. Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap dividen kas. Dan  secara simultan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap dividen kas.


 

Article Details

Section
Articles

References

Agus Sartono.2015. Manajemen Keuangan Dan Teori Aplikasi, Cetakan Keempat, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Dadang Sudirno dan L Suparto LM. 2020. Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhrudin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Dian Wasita Dewi. 2016. Pengaruh Likuiditas,Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Tunai Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Interventing, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 23 No 1.
Erik Prismanta DanAnang Subardjo. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Dividen Kas”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Vol 8 No 3.
Erna Puspita. 2017. “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, dan Market Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2016”. Jurnal Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 12 No 1.
Fahmi, irham. 2012, Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Iskandarsyah, Darwanis, Dan SyukriyAbdullah, 2014. “Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Jakarta Islamic Index”. Jurnal Magister Akuntansi, Vol 3 No.4
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan.Cetakan Kelima.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Nurul dan Suwito. 2015. Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan Pefindo 25, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , Vol 4 No 8.
Samsul huda. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Arus Kas Operasi, Dan Arus Kas Bebas Terhadap Dividen Kas Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 8 No. 1.
Schneeman, Angela. 2012. The low of corporation and other business organization 10th edition. United states of america: delmar cengage learning.
Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Sutrisno. 2012. Manajemen keuangan teori, konsep dan aplikasi. Yogyakarta : Ekonisia.
Zaki, Baridwan . 2010. Intermediate accounting. Edisi Ketujuh. Yogyakarta : Badan Penerbit Fakultas Ekonomika Universitas Gajah Mada