PENGARUH SUKU BUNGA, EARNING PER SHARE, DAN RETUN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Main Article Content

Eli Achmad Mahiri
Nita Hernita

Abstract

Pasar modal merupakan tempat bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan menghimpun dana dari luar, sekaligus tempat bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Namun harga saham sektor makanan dan minuman mengalami fluktuasi dari tahun 2018 hingga tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suku Bunga, Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham. penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalisis data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 15 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun. Sehingga data yang dianalisis berjumlah 45. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa suku bunga dan return on equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan. terhadap harga saham, earning per share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara Simultan Suku Bunga, Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham

Article Details

Section
Articles

References

Anjarsari, T. M., Aziz, T., dan Khasanah, U. (2021). Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Selama Masa Pandemi. Vol. 1 No. 7, 156–173.

Bentellu, R. A. S., dan Sitohang, S. (2021). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Volume Perdagangan Saham (Trading Volume Activity), dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Harga Saham Perusahaan Subsektor Perbankan Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 10 No. 1.

Cipta, V. A. P., dan Djawoto. (2021). Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, ROE, dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 10 No. 2, 1–21.

Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kasmir, (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Hasil Penelitian "Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19", ISBN 978-623-387-014-6. Edisi 1. Yogyakarta: Kanisius.

Salim, Lani. (2003). Analisa Teknikal dalam Perdagangan Saham. Edisi Pertama. Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Setia, C., Insani, D., Safrudin, E., dan Chaerani, A. (2021). Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham pada Pt.Kimia Farma.Tbk. Humanis (Humanities, Management, and science Proceedings),Vol. 1 No. 2, 286–305.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Tandeilin, Eduardus. (2017). Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: Kanisius.

Triadi, I. K. A., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Earning Per Share dan Return On Equity serta Gross Profit Margin terhadap Harga Saham pada Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika,Vol. 11 No. 2, 223–231.