PENGARUH KODE ETIK PROFESI AKUNTAN PUBLIK TERHADAP OPINI AUDIT YANG DIHASILKAN AUDITOR PADA KAP YANG TERDAFTAR DI JAWA TIMUR

Main Article Content

Ida Gusti Bagus Ngurah Dwijendra
Nur Fadjrih Asyik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kode etik profesi akuntan publik terhadap kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan auditor yang bekerja khususnya di Jawa Timur sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari data kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas. reliabilitas, dan regresi linier dengan bantuan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip integritas. objektivitas dan profesionalisme tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan prinsip kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Dari hasil tersebut. auditor independen harus memperhatikan kompetensi untuk menciptakan kualitas audit yang baik.

Article Details

Section
Articles

References

Alim, M. N., T. Hapsari, dan L. Purwanti. 2007. "Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi". Simposioum Nasional Akuntansi X
Asih, D. A. T. 2006. "Pengaruh Pengalaman terhadap Peningkatan Keahlian Auditor dalam Bidang Auditing", Skripsi Sarjana Tidak Dipublikasikan, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Christiawan, Y. J. 2002. "Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris". Jurnal Ekonomi Akuntansi. Vol. 4 No.2, November: haL 79-92.
Elder, R. J., M. S. Beasley, dan A. A. Arens. 2008. Auditing and Assurance Service Integrated Approach. lih edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Elfarini, E. C. 2007. "Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah)". Skripsi Sarjana Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.
Fridati, W. 2005. "Analisis Hubungan Antara Profesionalisme Auditor dengan Pertimbangan Tingkat Materiali:as dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan di Jogjakarta", Skripsi Sarjana Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Indonesia.
Gozhali, 1. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ikatan Akuntan Publik Indonesia (lAPI). 2007-2008. Kode Etik Profesi Akuntan Publik, Jakarta: Salemba Empat.
Nataline. 2007. "Pengaruh Batasan Waktu Audit, Pengetahuan Akuntansi dan Auditing, Bonus serta Pengalaman terhadap Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik di Semarang", Skripsi Sarjana Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.
Pratama, H. R. 2010. Etika Profesi Akuntan Publik dan Akuntansi Lainnya. (Online). (http://handokorizkypratama.wordpress.comI20 10101/07 letikaprofesi- akuntan-public-dan-akuntansi-lainnya!, diakses 29 Agustus 2010).
Wahyudi, H., dan A.A. Mardiyah. 2006. "Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan". Simposium Akuntansi Nasional XII.