PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK EMKM) (STUDI KASUS DI UD.GALAXY SPORT)

Main Article Content

Nurlaila Hasmi
Nur Adriati Jufri

Abstract

Saat ini usaha mikro, kecil dan menengah (EMKM) dianggap sebagai salah satu unsur pengembangan kegiatan ekonomi di Indonesia, apalagi banyak orang berpikir bahwa masa depan pembangunan ekonomi di Indonesia terletak pada kemampuan usaha mikro, kecil dan menengah untuk dapat berkembang secara aktif dan mandiri. Namun, dalam menjalankan proses bisnisnya, masih banyak EMKM yang pencatatan dan pelaporan keuangannya masih dilakukan secara sederhana meskipun sudah terkomputerisasi dan cenderung mengabaikan standar akuntansi keuangan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah menyusun laporan keuangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di UD. Galaxy Sport berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan proses penyusunan laporan keuangan pada UD. Galaxy Sport berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM).

Article Details

Section
Articles

References

Basri, Yuswar Zainul dan Nugroho Mahendro. 2009. Ekonomi Kerakyatan : Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Universitas Trisakti, Jakarta.

Diana, Nur Adhikara. 2018. Financial Accounting Standards for Micro, Small & Medium Entities (SAK EMKM) Implementation and Factors That Affect It. JEMA : Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, Vol 15, No. 2 : 50-59.

Suadi, Eko. 2019. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas MIkro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM (Studi Pada Sentana Art Wood). Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.

Faturokhman. 2015. University’s One Stop Accounting Service untuk UKM: Solusi mengatasi keengganan usaha kecil dan menengah (UKM) mengimplementasikan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Universitas Jendral Soedirman Indonesia, Purwokerto.

Hendrian dan Hadiwidjaja, Rini D. 2016. Implementation of Accounting Standard on Small and Medium-Sized Entities (SMEs). Global Journal of Business and Social Science Review Vol. 4 No. 4.

Ismademi. 2017. Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai dengan SAK EMKM pada Usaha Ternak Ayam Boiler (Studi Kasus pada Usaha I Wayan Sudlarsa Desa Pajahan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan), Tabanan.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM).

Ningtyas, Jilma Dewi Ayu. 2017. Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan), Pekalongan.

Tatik. 2018. Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus pada UMKM XYZ Yogyakarta). Jurnal Relasi, Vol XIV.

Undang-undang No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Warren., dkk. 2015. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Salemba Empat, Jakarta.