PERAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH DEWAN KOMISARIS, KOMITE AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Bank Umum di BEI, periode 2016-2020)

Main Article Content

Indarti Indarti
Aljufri Aljufri
Ika Berty Apriliyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah pengaruh dewan komisaris, komite audit, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan, dengan Kualitas audit sebagai variable moderasi. digunakan sebagai variabel independen. Untuk memperkuat hasil penelitian, pada penelitian ini menggunakan variable moderasi yaitu Kualitas Audit. Kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ROA sebagai ukuran dan variabel dependen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang diukur dengan menggunakan metode berbasis regresi dengan SPSS 25. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan perbankan sehingga total observasi dalam penelitian ini sebanyak 75 observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi melalui situs resmi www.idx.co.id.  Hasil Penelitian ini adalah Dewan Komisaris, Komite Audit dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Kualitas Audit mampu memoderasi atau memperkuat pengaruh Komite Audit terhadap Kinerja keuangan pada perushaan perbankan di BEI periode 2016-2020


 

Article Details

Section
Articles

References

Adestian, Yudha. 2016. Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Dewan Independen, Komite Audit dan Ukuran Perusahaan pada Kinerja Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI tahun 2012-2014. Jurnal akuntansi dan Keuangan.
Addiyah, Alina. 2014. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Apriyaningsih, A. dan Yushita, A.N. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Jurnal Profita, Vol.4, No.4.
Agoes, Sukrisno. 2013. Etika Bisnis Dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat.

Andriyani, H. et al. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatis.
Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group.
Arifani, Rizky. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia). Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.
Basuki, Tri, A., dan Prabowo,N. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Bukhori, Iqbal. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010). Universitas Diponegoro, Semarang.
Daulay, Aksa Khadijah. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara, Medan.
Damayanti, F., dan Sutanto, T. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2011-2013). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Deanna, Joanita. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance dan ukuran perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumen yang terdaftar