PENGARUH PROFESIONALISME, INDEPENDENSI, KOMPETENSI, PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDITOR DI BPKP PROVINSI RIAU

Main Article Content

Nabila Sarah Amalia
Indarti Indarti
Zaharman Zaharman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme, independensi, kompetensi dan pemahaman good governance terhadap kinerja internal auditor di BPKP Provinsi Riau. Populasi penelitian adalah auditor yang bekerja di BPKP Provinsi Riau sebanyak 119. Metode penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme, Independensi, Kompetensi dan Pemahaman Good Governance berpenngaruh terhadap kinerja internal auditor di BPKP Provinsi Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 63.4%. Sedangkan sisanya 36.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Kata kunci: Profesionalisme, Independensi, Kompetensi, Pemahaman Good Governance dan Kinerja Internal Auditor.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, M. T. 2015, Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Kompetensi, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Internal Auditor Di BPKP Provinsi Riau, Jurnal Jom FEKON, Vol2 No.2, hal. 1–13.
Alfianto, S., Suryandari, D. 2015, Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi Dan Struktur Audit Terhadap Kinerja Auditor, Accounting Analysis Journal, Vol.4 No.1, hal. 1–9.
Aprimulki, E. 2017, Pengaruh Konflik Peran, Kelebihan Peran, Independensi, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor Sengan Kecerdasan Spiritual Sebagai variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Pekanbaru dan Padang), Jurnal Jom FEKON, Vol.4 No.1.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Bpkp). 2021, Kode Etik Dan Standar Audit, Edisi Kelima. Bogor: Pusdiklat Bpkp.
Dariana, Refina, R. 2020, Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Etika Profesi, Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan, Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Padang Dan Medan, Jurnal IAKP, Vol.1 No.2.
Eviyany, A. 2014, Pengaruh Independensi, Integritas, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor, Jurnal Ilmu Akuntansi, Vol.6 No.2, hal 39–55.
Ghozali, Imam. 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hanna, E., Firnanti, F. 2013, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor, Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.15 No.1, hal 13–28.
Hariyanti, J. N. 2018, Pengaruh Independensi, Kompetensi, Komitmen Organisasi, Pengalaman dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, Vol7 No.4.
Istiariani, I. 2018, Pengaruh Independensi, Profesionalisme dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor BPKP (Studi Kasus Pada Auditor BPKP Jateng), Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam Vol.19 No.1, hal 63–88.
Jesika, M. L., Simanjuntak, R. P., Sihombing, S. 2015, Independensi dan Tanggung Jawab Auditor dan Pengaruhnya Terhadap Opini Auditor (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Selatan), Jurnal Ilmiah Buletin Ekonomi, Vol.19 No.3, hal 1–10.
Nugraha, I. B. S. A., Ramantha, I. W. 2015, Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi dan Pelatihan Auditor Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.13 No.3, hal 916–943.
Pamilih, I. 2014, Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Empiris Pada Kantor BPKP Perwakilan Yogyakarta).
Putri, K. M. D., Saputra, L. D. . D. 2013, Pengaruh Independensi, Profesionalisme, dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Pubblik Di Bali, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.4 No.1, hal 39–53.
Rahmi, M. 2019, Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Etika Profesi, Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Padang dan Medan, Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, Vol.3 No.2, hal 167-181.
Rivai, V., & Basri, M. F. A. 2005, Performance Appraisal System Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Safitri, D. 2014, Pengaruh Independensi Auditor Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Unilak, Vol.11 No.2, hal 339–351.
Sitio, R., Anisykurlillah, I. 2014, Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Struktur Audit Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Semarang), Accounting Analysis Journal, Vol.3 No.3, hal 301–309.
Sugiyono. 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Wanadri, C., Astuti, C. D. 2015, Pengaruh Budaya Organisasi, Etos Kerja, Independensi Auditor, Integritas Auditor dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor, Jurnal Akuntansi Trisakti, Vol.2 No.2, hal 129–140.
Widhi, S. N. 2015, Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance terhadap Kinerja Auditor Pemerintah, Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.1 No.1, hal 64-79.
https://www.riautime.com/news/detail/3381/kerugian-negara-hasil-audit-bpkp-dinyatakan-tidak-terbukti-dalam-sidang-korupsi-di-pn-pekanbaru