PENGARUH INDEPENDENSI DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR INSPEKTORAT KABUPATEN MAROS

Main Article Content

Nurlaila Hasmi
Sarina Sarina

Abstract

Kinerja seorang auditor adalah kemampuan seorang auditor untuk dapat menghasilkan komentar atas hasil pemeriksaan yang dilakukan. Untuk itu, penting untuk meningkatkan kinerja auditor dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi dan profesionalisme auditor terhadap kinerja auditor pada Inspektorat Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi dan profesionalisme auditor terhadap kinerja auditor di kantor Inspektorat Kabupaten Maros berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Arens, Alvin A., Randal J.E And Mark S.B. 2015. Auditing dan Pelayanan Verifikasi Pendekatan Terpadu (Ed. Ke-15). Pt. Indeks, Jakarta.
Ariyanto, Dodik. 2013. Pengaruh Independensi, Profesioanlisme, Struktur Audit Konflik Peran Ketidakjelasan Terhadap Kinerja Auditor Bpk Ri Perwakilan Provinsi Bali. S.L
Benny. 2010. Kasus Independensi dan Kompetensi Akuntan. Dalam http://anakkodokhijau.blogspot.com/2010/11/kasus-independensi-kompetensi-akuntan.html, 12 November 2021.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Mulivariate Dengan Program Ibm Spss 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Halim, Abdul. 2008. Auditing ( Dasar-dasar Audit laporan keuangan). UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Hanjani, Andreani dan Rahardja.2014. Pengaruh Etika Editor, Pengalaman Auditor, Fee Audit Dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Auditor Kap Di Semarang) . Semarang : Jurnal Of Accounting Vol. 3.
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat, Jakarta.
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 2011. Standar Auditing. Institut Akuntan Publik Indonesia, S.L.
Ikhsan, Arfan. 2008. Metode penelitian Akuntansi keprilakuan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Indriantoro, N. Dan Supomo B. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Manajemen dan Akuntansi. BPFE-UGM, Yogyakarta.
Irsan. 2011. Etika Profesi Akuntansi dan Contoh Kasus. Dalam http://irsan90.wordpress.com/2011/11/04/etika-profesi-akuntansi-dan contoh-kasus/, 12 November 2021
Khikmah, Siti. 2005. Pengaruh Profesionalisme Terhadap Keinginan Berpindah Dengan Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. S.L. : Tesis.
Kumaat, Valeru G. 2011. Internal Audit . Erlangga, Jakarta.
Pratiwi, Pungki Retno. 2015. Pengaruh Independensi, Profesionalisme, dan Etika Profesi TerhadapKinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putri, Martina Dinata. 2013. Pengaruh Independensi, Profesionalisme dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditot Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 4, No. 1:39-53.
Rahma, Ferdigita. 2012. Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi, Tingkat Pendidikan, Indepedensi Auditor, Pengalaman Kerja dan Budaya Kerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Saputra, I Gede Widya, dan Gerianta W. Yasa. 2013. Pengaruh Independensi, profesionalisme, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja pada auditor BPK RI provinsi Bali. OJS.Unud.ac.id., Vol. 2, No. 2:18-33
Sugiyono.2016. Metologi Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sri, Anisa. 2017. Pengaruh Independensi Etika Profesi dan Integritas Auditor Terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal, S.L.
Tuanakotta, Theodorus. 2011. Berpikir Kritis Dalam Auditing. Salemba, Empat Jakarta.
Ulum, Ihyahul. 2012. Audit Sektor Publik. Bumi Aksara, Jakarta.
Yendrawati, Reni. 2008. Hubungan Antara Profesionalisme Auditor Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Pengauditan Laporan Keuangan. Dalam penelitian & pengabdian dppm.uii.ac.id., Vol 6, No