PENGARUH PENERAPAN MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, LITERASI PAJAK DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA BUKITTINGGI

Main Article Content

Anne Putri
Siti Maryam
Aries Tanno
Dian Rahmawaty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan, literasi pajak dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Bukittingi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 50 responden wajib pajak yang berada di KPP Pratama Bukittinggi. Metode pengambilan sampel ini menggunakan metode incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) yaitu dengan pengujian outer model, inner model dan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Literasi Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dan Kesadaran Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bukittinggi. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 84,1% sedangkan 15,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Arifah,dkk (2017) “ Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakandan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Demak” jurnal ekonomi akuntansi.
Arifin, Siti Amatul Kharimah dan Sriyono (2022) “ The Effect Of Tax Literacy, Service Quality Of Tax Employees, Financial Attitudes, And Tax Understanding On Taxpayer Compliance” Indonesian Journal Of Innovation Studies, Vol 20
Athaya, Nabila Gina dan Sthepent Ferdynand valentino,(2021). “ Literasi Sadar Pajak Terhadap Tax Compliance” Indonesian Journal Of Social And Political Science, 2 (1).
Ester, Kilapong G, Dkk (2017) ‘ Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Wajiib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado’ Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12 (2)
Fathani, Faiz Alvin Barra dan Apollo (2020) “ Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama”. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi 1(3).
Kusumadewi, Dwi rahmawati dan Dyarini (2020) “ Pengaruh Literasi Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi, Insentif Pajak Dan Moral Pajakterhadap Kepatuhan Wajiib Pajak UMKM” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan(JAK) 10 (2)
Nur, Muhammad, (2018) “ Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajb Pajak Di Kpp Pratama Makassar Utara” Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani 3 (2)
Oktaviani, Reni, 2017. “ Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Seberang Ulu Palembang”. Skripsi. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang
Putra, Ilham Surya (2020) ‘ Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sosilalisasi, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak’ Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9 (3)
Putri, Nelly Prima,dkk, (2019) “Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakanmodern, Akuntabilitas Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jurnal benefita 4(2).
Sari, Vera Indra, 2019. “ Pengaruh Literasi Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Semarang Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating” . Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sari, Viega Ayu Permata (2017) “Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 6 (2)
Susilawati, N.,Indriani,Riana, V. dan Abyan,D.(2021)’Tingkat Literasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi Dan Determinannya (studi di Jakarta, Bogor,Depok,Tangerang, dan Bekasi)’ sebatik, 25(1).
Tullenan, Rudolf A,dkk (2017) “ pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bitung”. Jurnal riset akuntansi going concern 12(2).
Utama, Dessy Natalia. 2019.’Pengaruh Penerapan Sistem Modernisasi Administrasi Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di DKI Jakarta’ , jurnal muara ilmu ekonomi dan bisnis, 3 (2)
Yuliati, Ni Nyoman Dan Fauzi, Khazin Fauzi (2020) ‘ Literasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM’ Akuntansi Bisnis Dan Manajemen , 27(2)
Yulia, Yosi Dkk (2020) ‘ Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikand Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM Di Kota Padang’ Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1)