ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID 19

Main Article Content

Liviawati Liviawati
Gusmarila Eka Putri
Jeni Wardi

Abstract

Perekonomian yang anjlok selama covid berimbas kepada industri perbankan, tidak terkecuali bank syariah. Selama covid bank syariah menunjukkan penurunan kinerj yang sangat signifikan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan hasil kinerja bank syariah yang ditunjukkan oleh angka NPL ( syariah NPF ) berada pada angka rata-rata 3,06% sedangkan NPL bank konvensional berada pada angka rata-rata 2,73 sedangkan untuk angka efisiensinya yang diproksikan dengan BOPO, rata-rata BOPO bank syariah adalah 94% dan bank konvensional 71,73 %. Dari angka BOPO ini diketahui bahwa selama covid bank konvensional lebih efisien dari pada bank syariah.


Dari indikator kinerja diatas, terlihat bahwa selama covid bank syariah memiliki kinerja buruk, buruknya kinerja selama covid apakah ini memeng disebabkan covid 19 atau melainkan buruknya kinerja ini sudah terjadi sebelum terjadinya covid 19 di Indonesia. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul analisis kinerja bank syariah sebelum dan selama covid 19 suatu studi pada bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja bank Syariah sebelum dan selama covid 19. Analisis data menggunakan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kinerja bank syariah sebelum dan selama pandemi covid 19 jika ditinjau dari segi CAR ( modal ) dan BOPO ( Efisiensi ) akan tetapi kinerja yang tinjau dari segi ROA, ROE, FDR, NPF dan dana pihak ketiga tidak terdapat perbedaan


.


 


Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Covid 19, Bank Syariah

Article Details

Section
Articles

References

Dendawiajaya,L, 2009, Manajemen Perbankan, Ghalia Indonesia
Kasmir , 2006, Dasar-dasar perbankan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Kuncoro, M dan Suhardjono, 2002, BPFE, Yogyakarta
Sastradipoetra, K, 2004, Manajemen Perbankan, Kappa Sigma, Bandung
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Ridwan hidayat, Ripqi umam dan Ramdhani Irma Tripalupi , 2021, Kinerja bank Syariah, https://journal.uinsgd.ac.id
Rifqi Muhammad dan Muhammad Nawawi, kinerja Bank syariah sebelum dan selama covid 19, . ( https://journal,laaroiba.ac.id )
Syamsul , Kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional : perbandingan sebelum dan selama covid 19,
Sintia Dewi Nur Ajizah, Analisis Kinerja Bank Syariah sebelum dan saat Pandemi covid 19, Https://dispace.uii.ac.id