PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Auditor Yang Bekerja Di KAP Jakarta Selatan)

Main Article Content

Irvan Noormansyah
Roida Rindu Febriana Simanjuntak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit. Kemudian untuk mengetahui apakah etika auditor dapat memoderasi hubungan antara kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit pada auditor yang bekerja di KAP Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada auditor yang bekerja di KAP Jakarta Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 102 auditor. Sedangkan metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi liniar berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, (2) Independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, (3) Etika auditor dapat memperkuat hubungan antara kompetensi dengan kualitas audit, (4) Etika auditor juga dapat memperkuat hubungan antara independensi dengan kualitas audit.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, F. N., & Sapariyah, R. N. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta). Jurnal Akuntansi, 6(2).
.
Dewi, Ajeng C. (2016). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Akuntansi, 4(8).

Djamaa, W., Triastuti, Y., & Diaz Tami, P. (2022). Pengaruh fee audit, Kompetensi, Etika auditor, Dan Tekanan Anggaran Waktu terhadap Kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Depok & Jakarta Tahun 2020. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(1), 120-146

Dokman, D. M. (2020). Pengaruh kompetensi Dan independensi auditor terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel moderating pada Kantor akuntan publik Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(2), 1-14.

Evia, Z., Santoso, R. E., & Nurcahyono, N. (2022). Pengalaman Kerja, Independensi, Integritas, Kompetensi Dan Pengaruhnya terhadap Kualitas audit. Jurnal Akuntansi dan Governance, 2(2), 141.

Heryanto, H., Laela, N., & Dewi, R. R. (2019). Faktor-faktor Yang mempengaruhi kualitas audit. eBA Journal: Journal Economics, Bussines and Accounting, 5(1), 50-63.

Indah Azhari, S. R., Junaid, A., & Tjan, J. S. (2020). undefined. Invoice : Jurnal Ilmu Aakuntansi, 2(2), 139-184. https://doi.org/10.26618/inv.v2i2.4116

Laksita, A. D., & Sukirno, S. (2019). Pengaruh independensi, akuntabilitas, Dan objektivitas terhadap kualitas audit. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 8(1), 31-46.


Lele Biri, S. F. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Fee Audit Terhadap Kualitas audit (Studi Kasus Kantor Akuntan Publik Di Kota Yogyakarta). Akuntnasi Dewantara, 3(2), 106-118.

Fitriana, F., & Widiawati, S. (2022). Pengaruh Pengalaman auditor, Etika auditor, Independensi auditor terhadap Kualitas Hasil audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Di Bandung). Jurnal Audit, Pajak, Akuntansi Publik (AJIB), 1(1), 1.

Patima, P. (2019). Pengaruh kompetensi, pengalaman, profesionalisme Dan etika auditor terhadap kualitas audit pada KAP Kota Makassar. Bongaya Journal for Research in Accounting (BJRA), 2(2), 14-21.

Pusparani, N. K., & Wiratmaja, I. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi auditor pada Kualitas audit. E-Jurnal Akuntansi, 30(3), 725.

Septiana, R. F., & Jaeni, J. (2021). Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Pengalaman Kerja auditor terhadap Kualitas audit dengan Etika auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Kantor Akuntan Publik Di Semarang, solo Dan Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 726.

Suhitha, N., Putra, I. M., Manuaba, I. B. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Pada Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali). Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 3(1).


Suryani, I., Efendi, A., & Fitriana, F. (2021). Pengaruh Pengalaman, Independensi, gender auditor Terhadap Kualitas audit. Syntax Idea, 3(2), 307.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.