PENGARUH RASIO AKTIVITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Argo Putra Prima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi. Perkembangan telekomunikasi di era global saat ini semakin lama semakin pesat dengan pesatnya teknologi informasi. Di sisi lain, transfer informasi telekomunikasi diharapkan mampu mengembangkan kualitas dan pengetahuan masyarakat. Hubungan dengan penilaian kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi, tingkat kesehatan perusahaan bagi pemegang saham sangat penting untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari suatu perusahaan. Pengukuran kinerja keuangan perusahaan diperlukan untuk menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan-tujuan ini. Dengan menggunakan metode analisis rasio keuangan termasuk rasio aktivitas dan harga saham. Pengukuran laporan kinerja keuangan banyak dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran kinerja yang terkadang berbeda. Salah satu cara untuk mengetahui kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangannya. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Adapun hasil penelitian ini, variabel usia rata-rata piutang dan variabel perputaran persediaan tidak secara signifikan mempengaruhi harga saham. Sedangkan variabel total turnover aktiva tetap berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Djoko Susanto dan Agus Sabardi.2010.”Analisis Teknikal di Bursa Efek”Edisi Kedua.Yogyakarta.UPP STIM YPKN.
Diah Natalisa . 2013.ISSN 1412-4521.”Analisis Pengaruh Rasio Lancar, Rasio Perputaran Total Aktiva, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, dan Earning per Share Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.
Eko Priyono Pratomo, Ubaidillah Nugraha.2004.”Reksadana Solusi Perencanaan Investasi Di Era Modern”, Edisi Revisi. PT Gramedia : Jakarta.
Jusuf Anwar.2005.”Pasar Modal Sebagai Sarana Pembiayaan dan Investasi ”.Bandung, PT Alumni.
Meythi.2011.ISSN: 1693-8305. “Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.10.
Sri Hermuningsih.2012.Pengantar Pasar Modal Indonesia.UPP YPKN:Yogyakarta.
Stefanus Antara.2011.ISSN 2303-1174.” Analisis Rasio Likuiditas, Aktivitas, Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”.
Sugiyono, (2011). Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suhartono dan Fadillah Qudsi.2009.”Portofolio Investasi dan Bursa Efek, Pendekatan Teori dan Praktek Suplement : Trick dan Kamus Gaul di Pasar Modal”,Edisi Pertama.Yogyakarta, UPP STIM YPKN.
Undang-Undang tentang Pasar Modal No : 8 Tahun 1995.
Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi SPSS Dalam Penelitian. Gava Media. Yogyakarta
www.idx.co.id