ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA DAN DOSEN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING TERHADAP PEMBERLAKUAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Main Article Content

Dini Onasis

Abstract

Persepsi perlu diselidiki karena ini merupakan pemahaman implementasi MEA. Dengan sedikit pengetahuan, pemahaman dan kemauan, diharapkan implementasi MEA bukanlah hal baru dan menghasilkan banyak sentimen negatif dari akuntan dan mahasiswa akuntansi di Indonesia. Ruang lingkup penelitian ini adalah tentang persepsi mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi, Universitas Lancang Kuning, dan persepsi Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Lancang Kuning terhadap penerapan MEA di bidang profesi akuntansi. Persepsi perlu diteliti untuk dapat memetakan potret pemahaman dan kesiapan Mahasiswa dalam menghadapi MEA, dan pencapaian Bahan Pengajaran dari Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui hubungan kasual (sebab-akibat) antara variabel independen dan variabel dependen yang berfungsi untuk memperkirakan dan mengendalikan gejala. Penelitian ini menguji persepsi Dosen Akuntansi dan mahasiswa akuntansi terhadap penerapan MEA di bidang profesi akuntansi. Persepsi yang diperoleh dari Dosen Akuntansi dan mahasiswa akuntansi akan dikumpulkan dan diproses, sehingga rumusan hipotesis dapat dijawab. Tidak ada perbedaan persepsi antara Dosen Akuntansi dan Mahasiswa Akuntansi untuk: Pandangan Umum MEA di Bidang Profesi Akuntansi, Implikasi MEA di Bidang Profesi Akuntansi, Persaingan MEA di Bidang Profesi Akuntansi, dan Persyaratan Akuntan Profesional. Tetapi selain menunjukkan persepsi Dosen Akuntansi lebih baik daripada Mahasiswa Akuntansi, tetapi juga menemukan persepsi mahasiswa akuntansi tentang pandangan umum MEA dan implikasi MEA di bidang profesi akuntansi lebih baik daripada Dosen Akuntansi. Dalam persepsi Persaingan MEA di Divisi Profesi Akuntansi ditemukan persepsi yang lebih baik dari mahasiswa akuntansi dibandingkan dengan Dosen Akuntansi. Jadi sebaliknya pada persepsi Profesional Kebutuhan Akuntansi Dosen Akuntansi persepsi lebih baik daripada mahasiswa akuntansi.

Article Details

Section
Articles

References

Abdulrofiq, Atep. (2013). Manakar Pengaruh Masyarakat Ekonomi ASEAN terhadap Pembangunan Ekonomi Indonesia. I (1): 1-8.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Harahap, Sofyan Syafri. 1991. Auditing Kontemporer. Penerbit Erlangga, Surabaya.
Ibrahim, Nabil A.., John P. Angelidis., Donald P. Howard. (2006). Corporate Social Responsibility: A Comparative Analysis of Perceptions of Practicing Accountants and Accounting Students. Journal of Business Ethics. DOI 10.107/S10551-005-5572-4:157-167.
Kotler, Phillip. (1993). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 2: Prentice Hall.
Ni Nyoman Alit Triani, Erlina, Merlyana (2015) Kesiapan Profesi Akuntan Di Indonesia Dalam Menghadapi Mea. ISSN 2460-0784 Seminar Nasional dan The 2nd Call for Syariah Paper.
Suatma, Jasa. (2012). Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015. Jurnal STIE Semarang, VOL 4, I (1): 1-7.
Sulistyawati, Ardiani Ika., Nina Ernawati., Netty Sylviana. (2013). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Jurnal Dinamika Akuntansi VOL. 5, II : 86-98.
Suyatmin. (2008). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Lingkungan Kerja Akuntan Publik. Juurnal Akuntansi dan Keuangan, VOL 7, I (1): 1-13.
Triani, Ni Nyoman Alit., Erlina Diamastuti, dan Merlyana Dwinda Yanthi. (2014). Kesiapan Profesi Akuntan di Indonesia dalam Menghadapi MEA. I (1): 3-8.
Winarna, Jaka., Ninuk Retnowati. (2003). Persepsi Akuntan Pendidik, Akuntan Publik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi VI IAI-KAPd Oktober

Penelitian ini dibiayai oleh APBF Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning, sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan penelitian Nomor : 034/Unilak.02/UPPM/B.07/2018