TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING DARI SUDUT PANDANG KECERDASAN SPIRITUAL

Main Article Content

Reni Farwitawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan akuntansi yang terlalu didominasi oleh sifat maskulinitasnya yang berfokus pada rasionalitas (Intelektualitas) sehingga mengabaikan berbagai sudut pandang yang seharusnya diintegrasikan sebagai sebuah keutuhan untuk peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman mahasiswa tentang akuntansi menggunakan perspektif kecerdasan spiritual. Dalam rangka mengeksplorasi pemahaman mahasiswa dari perspektif kecerdasan ini, fenomenologi digunakan sebagai metodologi, dengan paradigma interpretif sebagai payung penelitian. Ekplorasi pemahaman dan kesadaran mahasiswa dengan kecerdasan spiritual dilakukan secara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa sudah dapat memahami akuntansi dari kecerdasan spiritual dengan pendapatnya masing-masing, akan tetapi mahasiswa masih terbelenggu dengan karakter (baik karakter pendidik maupun mahasiswa) serta sistem yang sudah mengakar pada pendidikan akuntansi. Dengan adanya hambatan tersebut, diajukan ide bahwa dibutuhkan sebuah usaha agar dapat mengupayakan perubahan dalam pendidikan akuntansi agar dapat mencapai keseimbangan dengan mengintegrasikan berbagai sudut pandang sebagai sebuah keutuhan. 

Article Details

Section
Articles

References

Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165: 1 Ihsan, 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga.
Ekasari, Kurnia. 2012. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Akuntansi. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia, Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya & IAI KAPd.
La’lang, Aprianto dan Kuddy. 2010. Menanam Prinsip Ketuhanan: Menuai Keseimbangan Dalam Pendidikan Akuntansi. Jurnal Ilmiah. (Online), (www.google.com, diakses pada tanggal 27 Juli 2012).
Melandy, Rissyo dan Nurna Aziza. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Mulawarman, Aji Dedi. 2012. Pendidikan Akuntansi Indonesia: Pro Neoliberal atau Pancasila?. Prosidig Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia, Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya & IAI KAPd.
Prasetyo, Whedy. 2012. Perbedaan Persepsi Nilai-Nilai Spiritualitas Pelaku Akuntansi (Manajer dan Praktisi) terhadap Akuntansi Kreatif. Prosidig Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia, Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya & IAI KAPd.
Yudhi, Riswan dkk. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial (Socioscientia). Vol. 4, No. 2 Juni 2012 Hl. 187-374. ISSN 2085-5494.
Sekar, Annisa Mulia, 2012. Mengungkap Pemahaman Tentang Akuntansi Dari Sudut Pandang Kecerdasan Emosional, Spiritual Dan Sosial Mahasiswa, Jurnal Akuntansi Multiparadigma Jamal Vol. 3, No. 3 Hal. 334-501, Malang, Desember 2012, ISSN 2086-7603
Setiawan, Achdiar Redy dan Ari Kamayanti. 2012. Mendobrak Reproduksi Dominasi Maskulinitas dalam Pendidikan Akuntansi: Internalisasi Pancasila dalam Pembelajaran Accounting Fraud. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia, Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya & IAI KAPd.
Triyuwono, Iwan. 2010. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta: Rajawali Press.