PENGARUH FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2009

Main Article Content

Arini Arini

Abstract

Penelitian ini berjalan untuk mengukur pengaruh faktor internal (profitabilitas, solvabilitas, size perusahaan) terhadap audit delay. pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Lalu didapat sampel sebanyak 50 perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu dua tahun berturut-turut (2008 sampai 2009). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay adalah faktor internal (profitabilitas, solvabilitas, size perusahaan) Dengan rata-rata audit delay 73,10 hari. Hasil pengujian statistic menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Sedangkan solvabilitas dan size perusahaan tidak perpengaruh secara signifikan terhadap audit delay. Hasil dari penelitian ini dapat membantu profesi akuntan publik dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses audit dengan mengendalikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya audit delay.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Fathini, Baiq Riffa dan Atikah, Siti. 2007. Pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan opini akuntan terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan tahunan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 6, No.1, 1-14.
IAI. 2011. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.
Lestari, Chintia. 2006. Pengaruh Ukuran perusahaan, Jenis perusahaan, Tingkat Profitabilitas, Ukuran KAP, Opini Audit, dan Status Perusahaan Induk/ Anak Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Listing di Bursa Efek Jakarta). Skripsi. Universitas Riau.
Lestari, Dewi. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay : Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Good yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Putri, Friska Amelia. 2009. Pengaruh profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Rugi Laba Perusahaan, Ukuran Kantor Akuntan Publik dan Opini Auditor Terhadap Audit Delay. Skripsi Universitas Riau.
Rachmawati, Sistya. 2008. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Audit Delay dan Timeliness. Jurnal Akuntansi dan Keuangan,Vol. 10, No. 1, 1-10.
Subekti, Imam. Dan Widiyanti, Novi Wulandari. 2004. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi VII:991-1002.
Sundari, Septi. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Audit (Audit Delay) Pada Perusahaan Property and Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009. Skripsi, Universitas Islam Riau.
Trianto, Yugo. 2006. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Yuliyanti, Ani. 2010. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada Tahun 2007-2008). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
http://www.idx.co.id