PENGARUH LATAR BELAKANG SEKOLAH MENENGAH DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING

Main Article Content

Reni Farwitawati
Souvya Fitrhrie
Masirun Masirun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji asal sekolah menengah dan perilaku belajar berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Unilak. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 jurusan akuntansi telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi 1, Pengantar Akuntansi 2, Akuntansi Keuangan Menengah 1, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan 1, Akuntansi Keuangan Lanjutan 2, Auditing 1, Auditing 2, dan Teori Akuntansi. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial asal sekolah menengah tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sedangkan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara simultan asal sekolah menengah dan perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap variabel pemahaman akuntansi.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina dan Debi Melda Yanti. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 5, Nomor 01, April 2015.

Depdikbud, 2010, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Edy Suprianto dan Septian Harryoga. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, ISSN 1979-6471, Volume XVIII, No. 3, Desember 2015.

Ghofur, A. 2013. Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi EMpiris Mahasiswa Akuntansi pada Universitas Swasta di Lamongan), Jurnal EKBIS, 9(1), 512-516

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 6. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanifah dan Abdullah, S. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi, Jurnal Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Desember, Volume 1, No.3, Universitas Syiah Kuala, Medan.

Hariyoga, Septian, dkk. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya terhadap tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi, SNA XIV, Aceh.

Marita, Suryaningrum,S., & Shaalih,N.H,. 2008. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi Stress Kuliah Mahasiswa Akuntansi.Pontianak. Simposium Nasional Akuntansi XI

Mawardi. 2011. “Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang”. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (UNISMA).

Muhammad Sar`i, dkk. 2010. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep dasar Akuntansi, SNA XIII, Purwokwerto.

Nugroho, P. I., Tanggulungan, G., dan Wibowo, B.O.B. 2011. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Proceeding Pesat (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), 18-19 Oktober 2011, Vol 4, Universitas Gunadarma, Depok.


Sovi Ismawati Rahayu. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, Dan Auditing, Volume 1, No. 1, 2019.
Tjandra, O., dan Soekamto, T., 2004. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Keberhasilan Belajar Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Tinggi, Desember, Volume 6, No.2, Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Widyawati.P.G, Immanuela.I & Dwi Handayani. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiun), Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2(1),25 – 34