PENGARUH LABA DAN ARUS KAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Main Article Content

Lodia Dwika Putri
Aznuriyandi Aznuriyandi
Nurmansyah Nurmansyah

Abstract

Fluktuasi harga minyak dan gas dalam beberapa tahun terakhir mempengaruhi  jumlah laba dan arus kas perusahaan tersebut secara drastis, hal ini sangat diperlukan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh dari perubahan masing-masing variabel tersebut terhadap nilai perusahaan.  Laba adalah “perbedaan antara pendapatan dengan keseimbangan biaya-biaya dan pengeluaran untuk periode tertentu”. Sedangkan arus kas perusahaan pada suatu periode tertentu memberikan suatu laporan, informasi yang merupakan penerimaan dan pengeluaran kas yang relevan dan mengklasifikasikan transaksi dengan kegiatan operasi, investasi dan pembiayaan.


 


“Tujuan dari penelitian ini  secara empiris membuktikan  pengaruh dan signifikansi antara arus kas dan laba terhadap nilai perusahaan di sektor minyak dan gas yang terdaftar di BEI”. 8 Perusahaan diperoleh dari  9 perusahaan yang terdaftar di BEI dengan metode purposive sampling dari sampel pemilihan dengan periode amatan tahun 2014 sampai dengan 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik dengan menggunakan 17.00 versi SPSS.  Pengujian hasil hipotesis antara laba dan arus kas menunjukkan bahwa secara signifikansi variabel arus kas dan laba tidak berpengaruh dan  tidak dapat digunakan investor atau perusahaan untuk memprediksi nilai perusahaan serta variabel arus kas dan laba tidak mempunyai pengaruh secara keseluruhan terhadap nilai perusahaan.


 


Kata Kunci: Arus Kas, Laba, Nilai Perusahaan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


EFFECT OF PROFIT AND CASH FLOW ON COMPANY VALUE (EMPIRICAL STUDY OF OIL AND GAS SECTOR COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE)


 


 


 


 


Dwika Lodia Putri, Nurmansyah, Aznuriyandi


Lecture of Faculty Economi of Universitas Lancang Kuning


Email:lodiaputri_62@yahoo.com, nurmansyahsr@gmail.com., aznuriyandi.riyan@gmail.com


 


 


ABSTRACT


 


 


            Fluctuations in oil and gas prices in the last few years drastically affect the amount of profit and cash flow of the company. Profit is “the difference between income and balance of expenses and expenses for a certain period”. While the company’s cash flow in a given period provides a report, information that is the cash receipts and disbursements that are relevant and classifies transactions with operating, investing and financing activities.


 


        “The purpose of this study empirically proves the influence and significance of cash flows and profits on the value of companies in the oil and gas sector listed on the IDX”. 8 companies were obtained from 9 companies listed on the stock exchange with a purposive sampling method from the selection sample with a observation period of 2014 to 2018. The method used in this study is multiple linear regression and testing classic assumptions using the 17.00 version of  SPSS. Testing the results of the hypothesis between earnings and cash flow shows that significantly the variable cash flow and profit has no effect and cannot be used by investors or companies to predict the value of the company and the variable cash flow and earnings have no overall effect on the value of the company.


 


Keywords: Cash Flow, Profit, Company Value

Article Details

Section
Articles

References

I. A. Indonesia, Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. 2015.
Suharyadi and S. K. Purwanto, Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. 2016.
Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D),” in Metodelogi Penelitian, 2017, p. 334.
BEI, “Laporan Keuangan dan Tahunan,” Www.Idx.Co.Id, 2016.
E. Ekawati, “Manajemen Keuangan,” Modul Kuliah, 2014.
E. Tandelilin, “Portofolio dan Investasi,” in Kanisius, 2010, pp. 2–104.
S. W. V, “Akuntansi Manajemen Teori Dan Aplikasi,” in Akuntansi Manejemen Teori Dan Aplikasi, 2015, pp. 5–6.
Munawir, Analisa Laporan Keuangan Edisi 4. 2010.
Kieso, Weygandt, and warfield, “Akuntansi Keuangan Menengah Intermediate Accounting,” Salemba Empat, 2017.
R. F. H. Wild, John, K.R. Subramanyam, Analisis Laporan Keuangan. Edisi Sebelas, Buku Kesatu. 2017.
N. Kurniawan and W. Mawardi, “Analisis Pengaruh Profitabilitas Keputusan Investasi Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan,” Diponegoro J. Manag., vol. 6, no. 2, pp. 1–11, 2017.