PENGARUH PEMAHAMAN ILMU AKUNTANSI DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN BISNIS BAGI PELAKU USAHA MIKRO MENENGAH MUDA DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Inova Fitri Siregar Rinayanti Rasyad Dini Onasis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menglihat bagaimana Para pelaku usaha yang bekerja dari rumah memiliki hambatan utama yakni biaya internet yang mahal dan tidak stabil. Faktor lainnya adalah tetap dirasa perlu interaksi fisik dengan konsumen. Dalam kaitannya dengan cash flow, pendanaan modal eksternal seperti bantuan pemerintah dan pinjaman online menjadi lebih penting bagi para pelaku usaha untuk menghadapi tantangan cash flow. Pada pelaksanaan presurvey peneliti menemukan beberapa pelaku usaha muda tidak mempunyai pemahaman dalam mengatur , mencatat, melaporkan, dan menyajikan cas flow, bahkan pembuatan pendanaan modal dalam bentuk proposal belum memadai sama sekali, dan pada saat wawancara berlangsung pelaku usaha menyatakan pelaporan dan pemahaman ilmu akuntansi dan system informasi akuntansi bukanlah hal yang penting bagi mereka. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling ,dimana penetuan sampel menggunakan beberapa kriteria yaitu perusahaan yang masuk dalam usaha kecil menengah dengan pelaku usaha muda, kemuadian terdapat 50 usaha kecil menengah yang masuk dalam kategori ini. Hasil penelitian ini adalah 76,4% yang menyatakan bahwa Responden melakukan pencatatan sederhana dan hamper 84% yang menyatakan bahwa ilmu akuntansi dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.


 

Article Details

Section
Articles

References

Tulus. Tambunan. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. (Jakarta: Salemba Empat, 2002). h. 97

Dwi Lestanti. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 2015) h. 102.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Data Jumlah UKM di Kota
Medan Tahun 2017. (Medan, 2017)

Elsa Nanda Utami, Mulyaningsih dan Hendrati Dwi. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM peserta program PUSPA 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia). (e- Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017). h. 643.
Dwi Lestanti. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 25). h. 81.

Zaki Baridwan. Intermediate Accounting. Edisi Tujuh. (Yogyakarta: BPFE, 2000). h. 112

Muhammad Arfan Ikhsan dan Ishak. Akuntansi Keprilakuan. (Jakarta: Salemba Empat). h.36.
Tarmizi, Rosmiaty dan Ni Luh Sartika Bugawanti. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah terhadap Penggunaan SAK ETAP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol 4 tahun 2013, No

Purwanti, Ira & Hudiwinarsih, Gunasti, Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Surabaya. (The Indonesian Accounting Review, Volume 2, No. 1, January 2012, pages 11 – 24, 2012) h.22.

Sunaryanto, Studi Mengenai Orientasi Tenaga Penjual Pada Pelanggan Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Penjual. (Semarang: Tesis Universitas Diponegoro, 2005). h. 114.

Yayuk Widiyanti. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengushaa Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Keuangan. (Studi Pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal). (Semarang: Skripsi Akuntansi Universitas Negeri Semarang, 2013). h. 28.

A. Abubakar & Wibowo. Akuntansi Untuk Bisnis: Usaha Kecil Dan. Menengah. (Jakarta: Grasindo, 2004), h.112
Destiana Setyaningrum, Adi Wiratno dan Sukirman, 2014. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Umur Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Terhadap UKM Yang Menghasilkan Produk Unggulan Di Kabupaten Banyumas). Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman, Vol. 4 No.1, 2014 h. 19-20.

Anoraga Pandji, Pengantar bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. (Jakarta: Rieneka Cipta, 2007). h.95

Harmaizar Z. Menggali Potensi Wirausaha. (Bekasi: Dian Anugerah Prakas, 2006). h. 85.

Mustaqhfiroh. Faktor Penentu Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Intervening. (Semarang: Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang, 2016). h. 23.