PENGARUH BATASAN WAKTU AUDIT DAN PENGALAMAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Main Article Content

Melia Wida Rahmayani

Abstract

Masalah utama dari penelitian ini adalah masih adanya pelanggaran terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) yang menimbulkan keraguan atas kualitas audit yang dilaporkan oleh auditor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh batasan waktu audit dan pengalaman terhadap kualitas audit pada auditor KAP di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah KAP di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan memenuhi kriteria 8 KAP dengan jumlah sampel 31 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial batasan waktu audit dan pengalaman berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa batas waktu dan pengalaman audit berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.


 

Article Details

Section
Articles

References

Arens et al. 2014. Jasa Audit dan Assurance. Salemba Empat. Jakarta.
Dina Purnamasari dan Erna Hernawati. 2013. Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman, Pengetahuan dan Perilaku Disfungsional Terhadap Kualitas Audit. Jurnal NeO-Bis Volume 7 No. 2. Desember 2013.
Ika Sukriah, Akram dan Biana Adha Inapty. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.
Kristian, Michele. 2015. Pengaruh Fee Audit, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Pengetahuan Auditor, Pengalaman Kerja Auditor, dan Motivasi Auditor Terhadap Kuaitas Audit. Konferensi Ilmiah Akuntansi III. Jakarta-Banten.
Muhamad Rusli Hanafiah Nasution. 2016. Pengaruh Etika Auditor, Pengetahuan auditor, Pengalaman Auditor, Obyektifitas dan Integritas Terhadap Kualitas Audit pada Inspektorat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Inspektorat Daerah Kota Tanjungpinang, dan Inspektorat Daerah Kabupaten Bintan. Jurnal Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji 2016.
Mulyadi, 2017. Auditing. Cetakan ke Dua Belas, Salemba Empat. Jakarta.
Nataline. 2017. Pengaruh Batasan Waktu Audit, Pengetahuan Akuntansi dan Auditing, Bonus dan Pengalaman Terhadap Kuaitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Okezone. 2018. Kasus SNP, 2 Kantor Akuntan Publik Ini Disanksi OJK. Diakses dari http:///economy.okezone.com diakses pada hari kamis 14 januari 2020 pukul 14.15
Rina Maulina, Darwanis dan Mulia Saputra. 2017. Pengaruh Batasan Waktu Audit, Pengetahuan Akuntansi dan Auditing, serta Pengalaman Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Megister Akuntansi Vol. 6. No. 2, Mei 2017, 59-64.
Ririn Choiriyah. 2012. Pengaruh Time Budget Pressure dan Pengalaman Kerja Auditor Terhadap Kualitas Audit Kantor Akuntan Publik Di Bali. Jurnal Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia Edisi III Volume 1/Tahun 2012.
Sukrisno Agoes. 2017. Auditing. Salemba Empat. Jakarta
Susmiyanti. 2016. Pengaruh Fee Audit, Time Budget Pressure, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Kualitas Audit dengan Pengalaman Auditor sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Tandiontong, Mathius. 2016. Kualitas Audit Dan Pengukurannya. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.