KESIAPAN MAHASISWA PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING DALAM MENGHADAPI UJIAN KEAHLIAN

Main Article Content

Jeni Wardi
Liviawati Liviawati
Gusmarila Eka Putri

Abstract

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru saat ini belum ada Surat Keterangan pendamping ijazah makanya sudah seharusnya FE-UNILAK mengadakan Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi    supaya  lulusannya memiliki nilai tambah saat bersaing dalam dunia kerja di era digital 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan mahasiswa Prodi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning dalam menghadapi ujian sertifikasi  keahlian  Akuntansi khususnya kompetensi kemampuan  menyusun  laporan  keuangan   sesuai   dengan   Standar   Akuntansi  Keuangan (SAK) dan aspek perpajakannya. Penelitian dilaksanakan selama 8 bulan mulai dari bulan  Februari – September 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  40 mahasiswa   yang    terdaftar    di    Prodi Akuntansi  FE UNILAK Telah menempuh studi di semester 5. Terdapat tiga nilai mata kuliah yang akan dijadikan acuan untuk menilai kesiapan mahasiswa prodi akuntansi dalam menghadapi ujian kompetensi keahlian akuntansi yaitu : mata kuliah Pengantar Akuntansi I, Pengantar Akuntansi II dan Perpajakan. Teknik analisis data yang  digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari  hasil  analisis  data  dapat  dikatakan bahwa mahasiswa S1 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning  siap  untuk mengikuti ujian kompetensi keahlian akuntansi hal ini di tunjukan dari hasil riset bahwa 95% atau 38 orang dari 40 orang mahasiswa tsb masuk kategori sangat siap dan siap. Untuk itu saran kami bagi Pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning dapat  mempertimbangkan pelaksanaan Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi bagi    mahasiswa   S1 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning. Supaya lulusan S1 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning mempunyai nilai tambah untuk bersaing di dunia kerja dalam dunia global.

Article Details

Section
Articles

References

Anonim, 2014, Pengangguran terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan2004-2014, dalam tautan www.BPS.go.id

Anonim, 2016, Sekilas BNSP, dalam tautan www.bnps.go.id.

Anonim, 2016, Keuntungan Sertifikasi, dalam tautan www.bnps.go.id.

Anonim, 2016, Masyarakat Ekonomi Asean,dalam tautan www.wikipedia.co.id.

Awayiga, Joseph Y., Joseph M. Onumah, and Mathew Tsamenyi. "Knowledge and skills development of accounting graduates: The perceptions of graduates and employers in Ghana." Accounting Education: an international journal 19.1-2 (2010): 139-158.

Kementrian Pendidikan Nasional. StandarKompetensi Lulusan Akuntansi, 2011.

Hutapea, Parulian, and M. B. A. Nurianna Thoha. Kompetensi plus. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Hadi, Sutisno. Metodologi Riset. PustakaPelajar, 2016.

Kavanagh, Marie H., and Lyndal Drennan. "What skills and attributes does an accounting graduate need? Evidence from student perceptions and employer expectations." Accounting & Finance 48.2 (2008): 279-300.

Mohammed, Ehab K.A. “Accounting Knowledge and Skills and the Challenges of A Global Business

Environment”, Emerald Insight, Vol 29Number 7, 2003.

Setyaningsih, Ira. Kompetensi Untuk Menakar Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Persaingan Asean Economic

Community., SeminarNasionalIENACO. (2015)

Tarmizi, Tashadi. "Kajian Spesifikasi Keahlian Akuntansi pada Kurikulum Penyelenggara Program Diploma 3 Akuntansi di Indonesia." (2015)