PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP LABA BERSIH PT BANK BRI SYARIAH

Main Article Content

Fitria Yulia Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pembiayaan mudharabah dan musyarakah ada atau tidaknya pengaruh terhadap laba bersih pada PT Bank BRI Syariah tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan berupa data pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah dan laba bersih setelah pajak dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu regresi linier berganda. Aplikasi SPSS 23.0 digunakan untuk menguji data dalam penelitian ini. Pembiayaan mudharabah dan musyarakah berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa laba bersih secara bersama-sama berpengaruh signifikan. Pengujian analisis data ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih tidak berpengaruh signifikan, artinya jika terjadi kenaikan atau penurunan pembiayaan mudharabah tidak akan mempengaruhi laba bersih bank. Sedangkan pembiayaan musyarakah berpengaruh signifikan dan positif terhadap laba bersih, artinya semakin besar pendapatan yang diperoleh melalui pembiayaan musyarakah maka semakin tinggi pula laba bersih Bank.

Article Details

Section
Articles

References

Alma, B., Donni, J.P., 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta, Bandung.
Ascarya, 2011. Akad & Produk Bank Syariah. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ghozali, I., 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Harahap, S.S., 2008. Teori Akuntansi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Islahuzzaman, 2012. Istilah-istilah Akuntansi dan Auditing. Bumi Aksara, Jakarta.
Ismail, 2011. Perbankan Syari’ah. Kencana, Jakarta.
Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Monika, S., 2019. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Laba Bersih Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2016-2018. Sci. Manag. Students Res. J. 1, 113–122.
Nurawwalunnisa, 2017. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Murabahah Dan Ijarah Terhadap Laba Perbankan Syariah Indonesia (Bank Syariah Mandiri). EKONOBIS 3, 21–28.
Suaidah, I., 2020. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Laba Bersih Pada PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2015-2019. Manaj. dan Inovasi(MANOVA) 3, 17–27.
Sudarsono, H., 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. P3EI, Yogyakarta.