PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN UKURAN USAHA TERHADAP PENERAPAN SIKLUS AKUNTANSI PADA UMKM DI KOTA TANGERANG SELATAN (STUDI DI KECAMATAN CIPUTAT TIMUR)

Main Article Content

Muhammad Firas Anandito Giffary
Erry Andhaniwati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM; pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM; dan ukuran usaha mempengaruhi penerapan siklus akuntansi pada UMKM di Kecamatan Ciputat Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan akuntansi terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan akuntansi terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM pengaruh yang signifikan antara ukuran usaha terhadap penerapan siklus akuntansi pada UMKM di Kecamatan Ciputat Timur.

Article Details

Section
Articles

References

Ari Prakoso, Y., Sinarasri, A., & Sukesti, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Dan Ukuran Usaha Kecil Menengah (Ukm) Terhadap Penerapan Sak-Etap Di Kota Semarang. Maksimum, 8(3), 48.
Azwar, S. (2003). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desy Yuliana dan Supriono. (2016). Analisis Penerapan Siklus Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Purworejo. Jurnal Karya Ilmiah Dosen Akuntansi Politeknik Sawunggalih Aji.
Diana, N. (2018). Financial Accounting Standards For Micro, Small & Medium Entities (SAK EMKM) Implementation And Factors That Affect It. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen.
Holmes, Scott, & Nicholls. (1988). An Analysis of the use of accounting information by Australian small business. Journal of Small Business Management.
Ikhsan Habib Fabillah. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Ukuran Usaha Dan Lamanya Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Umkm Dalam Prespektif Akuntansi Syariah (Studi Pada Umkm Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Skripsi, 8(2), 2019.
Lohanda, D. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan Umkm Berdasarkan Sak Etap (Studi Kasus Pada Umkm Kerajinan Batik Di Kecamatan Kraton Yogyakarta). Skripsi.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 71 6 (2003).
Wiguna, K. Y., & Ermawati, D. (2019). Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Lubuklinggau (Studi Kasus Di Kecamatan Lubuklinggau Utara I). JURNAL AKUN STIE (JAS), 5(2).
Yuliati, N. N., Wardah, S., & Widuri, B. (2019). Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada UMKM Kerupuk Kulit Tradisional Kelurahan Seganteng). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (ALIANSI), 3(2).