ANALISIS IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE PADA KINERJA KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (STUDI KASUS PADA YAYASAN YPI DARUSSALAM CERME)

Main Article Content

Lailatul Qomariyah
Erna Sulistyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance dan kinerja keuangan yayasan YPI Darussalam Cerme dengan paradigma good governance. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa YPI Darussalam telah menerapkan prinsip-prinsip good governance, namun penyajian laporan keuangan belum sesuai dengan ISAK 35. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika organisasi nirlaba menerapkan prinsip-prinsip good governance, organisasi nirlaba dapat berkembang pesat dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (III). Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.
Anggara, Sahya, 2012, Ilmu Administrasi Negara, Pustaka Setia, Bandung.

Bastian, Indra. 2011. Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik. Jakarta: Erlangga.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). ISAK 35. Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba. Jakarta.

Krina P, Loina Lalolo. (2003). Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi. Jakarta : Sekretariat Good Public Governance Bappenas.

Kurniasari, Wiwin.2011. Transparansi Pengelolaan Masjid dengan Laporan Keuangan Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 45). Jurnal Muqtasid. Vol 2. No. 1, Juli 2011.

LAN & BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good governance. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Mardiasmo. (2012). Akuntansi Keuangan Dasar. Yogyakarta: BPFE.

Ramadhan, A.Z.,& Suryaningrum, D.H. (2020). Analisis Penerapan Prinsip Good governance pada Kinerja Keuangan Organisasi Nirlaba. Public Management and Accounting Review, 1(1), 1-9.

Sandovi1, L., & Putra, E.V (2018). Implementasi Good Ngo Governance Pada Lembaga Swadaya (LSM) Lokal. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan Vol. 1 No. 4.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004, tentang Yayasan.

World Bank. 1992a. Governance and Development. Washington, DC: World Bank.