ANALISIS VALUE FOR MONEY PADA KINERJA KEUANGAN DINAS KESEHATAN KOTA PEKANBARU

Main Article Content

G.Yulia Novita Sari
Satria Tri Nanda
Ika Berty Apriliyani
Raisya Zenita

Abstract

Evaluasi kinerja pemerintah daerah merupakan upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah telah dilaksanakan secara efektif. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan dalam proses evaluasi kinerja pemerintah daerah adalah value for money. Value for money adalah konsep pengelolaan organisasi sektor publik berdasarkan ekonomi, efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menganalisis kinerja Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru) dengan menggunakan konsep Value for Money. Dengan menggunakan data tahun 2018 hingga 2020, penelitian ini mencoba menganalisis kinerja Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru) ditinjau dari unsur ekonomi, efisiensi dan efektivitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari segi rasio ekonomi, selama tiga tahun terakhir Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru) memiliki kinerja ekonomi yang baik. Namun, selama tiga tahun terakhir, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru) mengalami penurunan efisiensi dan fluktuasi kinerja efektivitas dari tahun ke tahun. Pasalnya, beberapa program harus menunda pelaksanaannya atau mengurangi anggarannya akibat refocusing anggaran terkait pandemi COVID-19.

Article Details

Section
Articles

References

Bastian, Indra, 2010, Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar Edisi Ketiga, Jakarta, Erlangga.

Febrianita,R.Y.,Utomo,R.P.,Musviyanti.2019. Implementasi Value for Money Dalam Pengukuran Kinerja Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman. Vol.4 (2)

Dwinanda, Yosie. 2018. Analisis Value for Money dalam pengukuran kinerja pada Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Handoko, 2016, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPFE.

Mahmudi, 2015, Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua, Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Mardiasmo, 2009, Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta, Andi.

Oktafiani, Putri.2021.Penerapan Konsep Value for Money dalam Menilai Kinerja Pelayanan Sektor Publik pada RSUD Brebes. Diploma Thesis, Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Perdana,T.A.,Budiantoro,R.A.,Putra,F.I.F.S.2020. Mengukur Kinerja APBD Kota Surabaya Analisis Value for Money. Inovasi. 339-346. Vol.16 (2)
Purwiyanti, Dewi. 2017. Analisis Kinerja Berbasis Konsep Value for Money pada Kegiatan Fisik Pekerjaan Irigasi Donggala Kodi (Studi di Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu), Katalogis 190-200. Vol.5(3)