DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET BAGI MAHASISWA DISAAT COVID-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Lancang Kuning)

Main Article Content

Zaharman Zaharman
Arini Arini
Serly Novianti

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan internet bagi mahasiswa disaat Covid-19pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Lancang Kuning. Adapun metode yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Dan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa. Pendefinisian sampel menggunakan metode Yamane. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek keterhubungan dan aspek pembelajaran pada pembelajaran daring menggunakan whatsapp group (WAG) menurut sudut pandang mahasiswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan webinar Zoom, blanded learning, google meet dll. Mahasiswa lebih memilih menggunakan whatsapp groupdan classroomuntuk digunakan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Dampak positif akan dirasakan bagi mahasiswa yang mau mempergunakan internet (kuota) yang diberikan pemerintah dengan baik dan benar untuk menambah wawasan dan berbagai ilmu yang berhubungan dengan perkuliahannya. Sedangkan dampak negatif akan terjadi kepada mahasiswa yang tidak bisa menggunakan internet dengan sebaik mungkin, karena internet yang mereka habiskan, untuk hal yang tidak banyak manfaat, seperti bermain game, leihat status-status instagram, facebook, dan lain-lain.


 

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, R. 2013. Internet Sehat dan Aman(INSAN). Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Kementrian Komunikasi dan Informatika.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2011.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Chaplin, J. P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sekaran, Uma dan Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat.
Nunnally, Bernstein, I.H. 1994. Psychometric Theory, Edisi ke 3. New York : McGraw Hill.
Santoso, Budi. 2008. Pemanfaatan Internet Oleh Pengguna Perpustakaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 17-22.
Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Jurnal Interaksi, 1-10.