ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN METODE ALTMAN Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA KSP DASA VAYU

Main Article Content

Made Dwi Ferayani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Altman Z-Score dalam memprediksi kebangkrutan pada KSP DASA VAYU. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada KSP DASA VAYU periode 2016-2020 dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2016 koperasi dikategorikan sebagai koperasi yang rawan pailit, meskipun memiliki aset yang tinggi. Pada tahun 2017 dikategorikan sebagai koperasi rawan pailit dengan penurunan nilai Z tertinggi dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 dikategorikan sebagai koperasi rawan pailit, meskipun pendapatan meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 dikategorikan sebagai koperasi rawan pailit, mengalami penurunan nilai Z dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 koperasi juga dikategorikan sebagai koperasi yang paling pailit, memiliki nilai Z yang mendekati kategori pailit meskipun memiliki modal kerja tertinggi. Koperasi Simpan Pinjam ini harus membuat kebijakan dan solusi, salah satunya dengan mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pendapatan.

Article Details

Section
Articles

References

Arsana, Nengah dan Baehaki Syakbani. 2017. Analisis Prediksi Kebangkrutan Usaha Pada KSP.Madani NTB. Valid Jurnal Ilmiah. Vol.14, No.2.
Claudio, Anastasya dan Wiston Pontoh. 2017. Analisis Model Altman (Z-Score) Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Untuk Memprediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010- 2014. Jurnal Accountability. Vol.06, No.01 :18-27.
Hanafi, Mamduh M. 2005. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang No 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian. Jakarta.
Septiana, Aldila. 2018. Analisis Laporan Keuangan (Pemahaman Dasar dan Analisis Kritis Laporan Keuangan). Pamekasan: Duta Media.
Siregar, Rika Pebrianti. 2017. Analisis Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Altman Z-Score Modifikasi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area
Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.



Suharto. 2015. Analisis Prediksi Financial Distress dan Kebangkrutan Pada PerusahaanPerusahaan yang Listing Dalam Daftar Efek Syariah dengan Model Z-Score. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri
WalisoWibowo, Arif. 2012. Analisis Keberlanjutan Usaha Dengan Metode Altman Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Se- Kabupaten Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNNES.Tidak Dipublikasikan.
Widyastuti, Pristiana. 2017. Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bidang Jasa. Journal for Business and Entrepreneur. Vol. 1, No. 1.