FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA TARIK CALON INVESTOR PADA PASAR MODAL

Main Article Content

Sherli Nofriani
Amal Risky Harahap

Abstract

Pada umumnya naluri manusia ingin cepat memperoleh hasil atau kekayaan dengan cara yang instan dan mudah diperoleh. Namun tidak mengetahui tentang pengelolaan keuangan yang baik justru akan membuat seseorang tidak memiliki passive income dan hanya terpaku pada satu jenis pekerjaan yang rutin dilakukannya. Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya dalam bidang teknologi dapat mempermudah masyarakat umum untuk mengakses dan mempelajari berbagai investasi khususnya investasi di pasar modal. Kemajuan teknologi dalam mengakses investasi di pasar modal membuat pasar modal di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang tahun 2021 mencatat tingkat kenaikan nilai yang cukup baik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik calon investor di pasar modal. Metode penelitian dilakukan dengan cara menyimpulkan berdasarkan data – data sekunder yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik calon investor di pasar modal. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi daya tarik calon investor di pasar modal antara lain; pengaruh risiko, pengaruh return, pengaruh motivasi, pengaruh pengetahuan, dan pengaruh keuntungan terhadap calon investor

Article Details

Section
Articles

References

Foo, K. (2021). Fundamentals Of Currency Trading.
Kontan. (2021). IHSG Menguat Sepanjang 2021, Penambahan Jumlah Investor Jadi Salah Satu Pendorong. https://investasi.kontan.co.id/news/ihsg-menguat-sepanjang-2021-penambahan-jumlah-investor-jadi-salah-satu-pendorong
Patrianissa, D. R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Melakukan Investasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara).
Rusda, D. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Kota Semarang.
Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi.
Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.