FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA MANAJERIAL DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PRODUKSI DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Main Article Content

Nelsi Arisandy
Maydea Nesrianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  kinerja manajerial dalam penyusunan anggaran produksi dengan gaya kepemimpinan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perikanan Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan kuesioner serta menggunakan dokumen atau data dinas. Populasi penelitian ini meliputi seluruh pegawai yang bekerja di Dinas Perikanan Kabupaten Kampar sebanyak 123 pegawai dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 39 pegawai. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, partisipasi anggaran, pengawasan internal dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dalam penyusunan anggaran produksi dan berpengaruh signifikan terhadap gaya kepemimpinan. Dan hasil dari analisis pada variabel mediasi dengan menggunakan uji sobel, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh mediasi partisipasi anggaran, pengawasan internal dan motivasi kerja terhadap kinerja manajerial dalam penyusunan anggaran produksi melalui gaya kepemimpinan. 


 

Article Details

Section
Articles

References

Arista, Tiwi Maitri dan Efrizal Syofyan. (2019). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Budgetary Slack Dengan Psychological Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi. Vol 1, No.2, hlm 666-677.
Budiman, Caesar Arif, Ria Nelly Sari dan Vince Ratnawati. (2014). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Job Relevant Information Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sorot. Vol 9, No. 1, hlm 1-121.
Budisuharto. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Amaris Panakukang Makassar. Makassar: Program S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.
Chandrarin, Grahita. (2018). Metode Riset Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Dina, Gemelly Rama. (2014). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Pada Bank Negara Indonesia 46 Di Palembang. Bengkulu: Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bengkulu.
Djiloy, Novita Lerly. (2016). Pengaruh Pengawasan Intern, Perencanaan dan Pelaksanaan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi. E Jurnal Katalogis.Vol. 4. No. 6. Hal.70-82.
Sari, Dola Delvita. (2015). Pengaruh Standar Akuntansi Pemerintah, Partisipasi Penyusunan Anggaran, Good Governance, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Manajerial Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar. Pekanbaru. Program S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.
Effendi, Usman. (2018). Asas Manajemen. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Febriani, Dinda Shara Harum dan Suharnomo. (2018). Pengaruh Pengawasan, Motivasi Kerja, Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management. Vol. 7, No. 1. Hal. 1-12. ISSN: 2337-3792.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi ke-9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Halidayati, Ira. (2014). Pengaruh Pengawasan Internal, Pengawasan Eksternal dan Implementasi Anggaran Berbasiis Kinerja Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Payakumbuh). Padang: Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Hidayat, Taufik. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial. Akuntabilitas. Vol.VII, No. 1, Hal. 56-68.
Lestari, Meta dan Susanto Wibowo. (2018). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Teknologi. Vol. 10, No. 1.
Putri, Anastasia. (2014). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Pengetahuan Manajemen Biaya Sebagai Variabel Moderasi. e-Proceeding of Management. Vol. 1, No. 3. Hal. 299-321. ISSN: 2355-9357.
Pratiwi, Marwah Intan. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Jepara. Surakarta : Program S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
S, Mukti Dian. Afrizal dan Enggar Diah PA. (2020). Pengaruh Kondisi Internal, Kondisi Debitur Dan Kondisi Lingkungan Terhadap Non Performing Loans (NPL) Dengan Variabel Mediasi Jumlah Kredit. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 5. No. 3. Hal. 169-180. ISSN: 2460-6235.
Sasongko, Catur dan Safrida Rumondang Parulian. (2018). Anggaran. Jakarta: Salemba Empat.
Sisardi. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pegawai Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kaur. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo, Anton Dan Wahjono. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Perilaku Inovatif Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Infokam. No.1. hal. 63-71.
Sutopo, Dian. Andewi Rokhmawati Dan Andreas. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. X. No. 4. Hal 695-719.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Tri Wandari, Desak Nyoman. Dkk. (2015). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Ketepatan Waktu Dan Pengawasan Internal Terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value For Money Pada Instansi Pemerintah Di Kabupaten Bulelang. Jurnal Akuntansi Program S1. VOL. 3, No. 1
Umami, Roza. (2020). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Akuntansi. Vol. 7, No. 1. ISSN: 2339-2436.
Winardi , P. (2002). Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Cetakan kedua Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wiratno, Adi. Dkk. (2016). Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Komitmen Organisasi, Motivasi dan Struktur Desentralisasi Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi. Vol. XX, No. 1, Hal 150-166.
Yulianita, Arini. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Cipta Nusa Sidoarjo. Sidoarjo : Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.