ANALISIS PENERAPAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PADA DESA KUKUTIO KABUPATEN KOLAKA

Main Article Content

Surianto Ilham Kadek Evi Lusiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan desa, kesesuaian tahapan pengelolaan keuangan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018, dan dampak penerapannya. Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di Desa Kukutio. Kabupaten Kolaka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya Desa Kukutio sendiri telah mengikuti tahapan-tahapan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018. Hal ini terlihat dari kepatuhan pemerintah Desa Kukutio yang mengikuti peraturan yaitu Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dimana dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa tidak dapat dilakukan sebelum dana desa dicairkan sehingga dalam melaksanakan segala kegiatan yang berhubungan dengan keuangan hanya dapat dilakukan pada saat dana desa dicairkan. Begitu juga dengan 3 (tiga) tahap lainnya yaitu tahap perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan, Desa Kukutio dalam mengimplementasikan aplikasi Siskeudes versi 2.0 tahun 2020 ini sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018


 

Article Details

Section
Articles

References

BPKP. (2015). Peluncuran SISKEUDES. http://www.bpkp.go.id/sakd/konten/2454/Peluncuran-SISKEUDES.bpkp

Darwin, (2017). Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Dalam Menciptakan Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) di Kabuaten Sinjai Regional.

Halim, A., dan M. S. Kusufi. 2012. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis: untuk Akuntansi & Manajemen. Cet. Ke-dua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Forum Penelitian.

Juardi, M.S.S., Muchlis,M., & Putri,R.A. (2018). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Siskeudes Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi Pada Desa Jenetallasa Kec.Pallangga Kab.Gowa). Akuntansi Peradaban, 3017, 84-107.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Edisi IV. Yogyakarta: BPFE.

Miles, M. B., Hubberman, M., & Saldan, J. (2013). Quantitative data Analysis A Methods Sourcebook 3rd edition. In SAGE Publication. https://doi.org/10.1016/S0301-4622(98)00172-0

Murtiono,Y., & Wulandari. (2014). Perencanaan dan Penganggaran Desa.Yogyakarta: FPPD

Moleong, L. J. (2006). “ Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 tatang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan DesaSujarweni, Wiratna. 2015. Akuntansi Desa Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ritonga, M. H. (2020). Pengaruh Sistem Komputerisasi Akuntansi dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi kasus pada desa yang ada di Kecamatan Dolok Sigompulon). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulina, I. G. A. T., Wahyuni, M. A., Kurniawan, P. S., & ST, M. (2018). Peranan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Terdahap Kinerja Pemerintah Desa (Studi kasus di Desa Kaba-kaba, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undikhsa, 8(2).

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods for Business. A skill Building Approach: John Willey & Sons, Inc., 2nd edition. New York.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.