PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GOWA

Main Article Content

Nurlaila Hasmi
Sunarsi Sunarsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah uji analisis regresi linear sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang berasal dari pegawai keuangan, kepala subbagian, kepala seksi  dan pengelola keuangan setiap satuan kerja, bendahara dan pengelola dana BOS sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas laporan keuangan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho menandakan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa.


 

Article Details

Section
Articles

References

Agustiawan, Nyoman Triyadi., dan Ni Ketut Rasmini. 2016. Pengaruh Sistem Berbasis Akrual, TI, dan SPIP pada Kualitas Laporan Keuangan dengan Kompetensi SDM Sebagai Moderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 5, No. 10: 3475-3500.

Angelicca, Maya. 2019. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Elsye, Rosmery., Dadang Suwanda dan Muchidin. 2016. Dasar-Dasar Akuntansi Akrual Pemerintah Daerah. Ghalia Indonesia, Bogor.

Fiedler, Fred E. 1967. A Theory of Leardership Effectiveness. McGrawHill, New York.

Jensen, M., C., dan W. Meckling. 1976. Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure. Journal of Finance Economic 3:305- 360. http://www.nhh.no /for/courses/spring/eco420/jensenmeckling-76.pdf .

Langelo, Friska., David Paul Elia dan Stanly Alexander. 2015. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual dalam Penyajian Laporan Keuangan pada Pemerintahan Kota Bitung. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 1: Hal. 1-8.

Mardiana, Rizki., dan Heru Fahlevi. 2017. Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pengendalian Internal dan Efektivitas Penerapan SAP Berbasis Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol. 2, No. 2: hal. 30-38.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Sukamulja, Sukmawati. 2019. Analisis Laporan Keuangan. ANDI, Yogyakarta.

Tanjung, Abdul Hafiz. 2018. Akuntansi Pemerintahan Daerah Berbasis Akrual. Alfabeta, Bandung.

Wijayanti, Ratna. 2017. Pengaruh Kompetensi SDM dan Implementasi Akuntansi Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 6, No. 3: 2460-0585.

Wijayanti, Nur. 2018. Pengaruh Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual, Sistem Pengendalian Intern dan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan Studi Pada SKPD Kabupaten Sragen. Skripsi. IAIN Surakarta, Surakarta.