PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KUALITAS PELAYANAN, KINERJA PEGAWAI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Ilham Hakim
Anne Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan pengalaman kerja terhadap kepuasan masyarakat pada pegawai PDAM Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada PDAM Kabupaten Padang Pariaman. Sampel yang digunakan sebanyak 176 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (3) Kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (4) Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (4) Komitmen organisasi, kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan pengalaman kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada PDAM Kabupaten Padang Pariaman

Article Details

Section
Articles

References

Fathoni, H. A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Griffin, W. R. (2014). Manajemen. Erlangga.
Hardiansyah. (2017). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Hasibuan, M. S. . (2017). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.
Hildayanti, S. K., Marnisah, L., & Dinata, E. S. (2018). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 9(1), 61–70.
Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Prentice Hall, Inc.
Lovelock, Chirstoper., dan Jochen, W. (2011). Service Marketing. Service Marketing. USA : Pearson.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Mahsun, M. (2016). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE Universitas Gajah Mada.
Malhotra, N. (2016). Marketing Research An Applied Orientation. Prentice Hall.
Marzuki. (2015). Metodologi Riset. Ekonisia.
Moeheriono. (2017). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. PT Raja Grafindo Persada.
Organ, D. (2017). Job Satisfaction and Good Soldier: The Relationship Between Affect and Employee Citizenship. Academy of Management Journal, 15(2).
Sahin, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Padjajaran Press.
Simamora, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.
Siswanto, B. S. (2013). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.
Sutrisno, Edi., dan Mariyono, J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Keluarganya Warga Binaan Pemasyarakatan) pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi. Jurnal Multiplier, 1(1).
Swastha, B. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Tjiptono, F. (2019). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.
Ulumudin, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 4(1).