PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN RUMBAI DAN KANTOR KECAMATAN RUMBAI TIMUR PEKANBARU

Main Article Content

Veni Febria Emza
Aznuriyandi Aznuriyandi
Nurmansyah Nurmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Rumbai Timur dan Kantor Kecamatan Rumbai Timur Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kecamatan Rumbai dan Rumbai Timur Pekanbaru yang berjumlah 51 pegawai, tidak menggunakan teknik pengambilan sampel karena dalam penelitian ini hanya digunakan populasi sebanyak 51 pegawai. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan, hal ini terlihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,652 yang menunjukkan bahwa 65,2% kinerja pegawai di kantor kelurahan Rumbai dan kantor kelurahan Rumbai Timur dapat dijelaskan atau disebabkan oleh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja. Dengan kata lain gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh sebesar 65,2% terhadap kinerja karyawan. Sedangkan sisanya 34,8% merupakan pengaruh faktor lain di luar gaya kepemimpinan dan motivasi kerja.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartini Kartono, 2017, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.
Koontz, Halrod. O’Donnel, 2016, Manajemen, Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, S, 2013, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurmansyah, SR, 2020, Pengantar Manajemen Modern. Bandung: Alfabeta.
Nurmansyah, SR, 2021, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Priansa Donni, 2017, Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif., Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2013, Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika
Sunyoto, P. C, 2013, Motivation And Business Capability in Increasing The Succes of Small Industry Business. Surabaya: Puslit Petra.



Jurnal:
Agustina Rahmi, Gusti Noorlitaria Achmad, Doddy Adhimursandi. The Effect Of Leadership And Empowerment Style and Motivation On work Discipline And Employee Performance In Sungai Kunjang Subdistrict, Samarinda City. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) ISSN. Volume 9 Issue 3 Ser. III, Mar. 2020.
Astuti, Dasmadi, Puji, 2020, Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan KUD Mojosongo Studi Kasus Pada KUD Mojosongo Di Boyolali. Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8 (1), 25-37.
M. Khotib Arifai. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disipin Kerja Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Desa Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk – Tangerang. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis ISSN. Vol. 1 No. iv Oktober. 2017.
Tensiani. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Garum. ISSN. Otonomi Vol. 20 Nomor 1 Edisi April. 2020.
Sherlie, Hikmah, 2020, Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Benwin Indonesia. Motivasi Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5 (1)