PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Yudiarto Yudiarto
Nurmansyah Nurmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Dalam penulisan tesis ini, penulis menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah PNS sebanyak 48 orang. Karena jumlah populasi yang sedikit, maka seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kemudian kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai, hal ini terlihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,508 atau 50,8% yang merupakan kekuatan hubungan antar variabel tergolong sedang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Dalam penulisan tesis ini, penulis menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah PNS sebanyak 48 orang. Karena jumlah populasi yang sedikit, maka seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Kemudian kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai, hal ini terlihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,508 atau 50,8% yang merupakan kekuatan hubungan antar variabel tergolong sedang.




Article Details

Section
Articles

References

Anggita Aprilia Pramestialevi, Suhermin, 2019, Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.8 No.8 Agustus, hal.1-16.
Badu, S.Q., dan Novianty Djafri., 2017, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Gorontalo, Ideas Publishing.
Bindarto, 2020, Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe, Jurnal Akrab Juara, Vol.5 No.2 Mei, hal.41-56.
Burso, Muhammad, 2018, Teori – Teori Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Prenada Media Group.
Edi Sugiyono, Rita Rahajeng S, 2022, Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Motivasi Pegawai Sebagai Variabel Intervening pada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Vol.4, No.7 Februari, hal.2622-2205.
Edison, Emron., Yohny Anwar., dan Imas Komariyah, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Alfabeta.
Fahmi, Irham, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi, Bandung, Alfabeta.
Ghozali, Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25, Semarang, Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu S.P., 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.
Herlambang, Susatyo, 2014, Perilaku Organisasi : Cara Mudah Mempelajari Perilaku Manusia dalam Sebuah Organisasi, Yogyakarta, Gosyen Publishing.
Kasmir, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik), Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Kuncoro, Mudrajad, 2013, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Jakarta, Erlangga.
Lovina, Susi Hendriani, Marnis, 2017, Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Provinsi Riau, Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol.5 No.2 Juni, hal.156-178.
Lubis, Joharis., dan Indra Jaya, 2019, Komitmen Membangun Pendidikan, Medan, CV. Widya Puspita.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Nurmansyah, 2017, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pekanbaru, Unilak Press.
__________, 2018, Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep - Teori & Penelitian, Pekanbaru, Unilak Press.
__________, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif Perusahaan, Pekanbaru, Unilak Press.
__________, 2019, Perilaku Organisasi: Mengelola Orang dan Organisasi Konsep-Teori-Aplikasi &Penelitian, Pekanbaru, Unilak Press.
__________, 2020, Audit Sumber Daya Manusia, Pekanbaru, Unilak Press.
__________, 2020, Pengantar Manajemen Modern, Bandung, Alfabeta.
Robbins, Stephen P., dan Timothy A. Judge, 2016, Perilaku Organisasi Edisi 16, Jakarta, Salemba Empat.
Sinambela, Lijan Poltak, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Sudaryo, Y., Agus Aribowo., dan Nunung A. Sofiati, 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak langsung dan Lingkungan Kerja Fisik, Yogyakarta, Penerbit ANDI.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.
Sulaksono, Hari, 2015, Budaya Organisasi dan Kinerja, Yogyakarta, Deepublish.
Sumiati, Yoxena Waruwu, 2022, Pengaruh Manajemen Bakat dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat, Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, Vol.2, No.1 Juli, hal.135-153.
Sutrisno, Edy, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Prenadamedia Group.
Tsauri, Sofyan, 2014, Manajemen Kinerja, Jember, STAIN Jember Press.
Wibowo, 2017, Manajemen Kinerja, Depok, Rajawali Pers.
Yuslaini dan Bambang Supeno, 2020, Exploring Performance and Traceability Environment on Dept. of Housing Settlement and Lands, IOP Confereces Series: Earth Environmental Science, DOI: 10.1088/1755-1315/469/1/012075.
Yusuf, Ria M., dan Darman Syarif, 2017, Komitmen Organisasi : Definisi, Dipengaruhi dan Mempengaruhi, Makassar, Nas Media Pustaka.