FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BASIC INDUSTRY & CHEMICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Periode 2019-2021

Main Article Content

Hardinata Hardinata
Donal Devi Amdanata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan terhadap Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan pada perusahaan manufaktur sector basic industry & chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. menguji pengaruh profitabilitas terhadap Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan pada perusahaan manufaktur sector basic industry & chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. menguji pengaruh leverage terhadap Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan pada perusahaan manufaktur sector basic industry & chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan perusahaan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Alasan dipilihnya periode waktu tersebut karena laporan tahunan pada periode tahun 2019-2021 merupakan data terbaru yang dapat diperoleh di Bursa Efek Indonesia. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Corporate Sosial Responsibility (CSR) menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Jumlah keseluruhan peusahaan manufaktur sector basic industry & chemicals yang terdaftar di bursa efek indonesia adalah sebanyak 71 perusahaan, tetapi yang memenuhi kriteria diatas hanya 15 perusahaan. Maka 15 perusahaan dengan 3 tahun terakhir yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 sampel yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2019-2021. Pertentangan hasil penelitian tersebut dapat terjadi karena beberapa alasan seperti: perbedaan periode waktu penelitian, interpretasi peneliti terhadap laporan keuangan perusahaan atas variabel yang digunakan maupun perbedaan metode pengujian yang ditempuh oleh peneliti

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Z., & Rahmawati, D. (2020). Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure: Evidence from Indonesian Listed Companies. Journal of Accounting and Investment, 21(2), 271-285.

Dwiastanto, Y., & Suwardjono. (2020). Corporate Social Responsibility and Financial Performance: Evidence from Indonesian Listed Companies. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(1), 59-70.

Fajrina, A., & Putra, M. N. (2021). The Effect of Firm Size, Profitability, and Leverage on Corporate Social Responsibility Disclosure in Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Journal of Business and Finance in Emerging Markets, 3(1), 12-22.

Indriani, P., & Haryanto, P. (2019). Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Accounting and Investment, 20(1), 78-92.

Kholis, N., & Astuti, R. D. (2020). Corporate Social Responsibility (CSR) and Financial Performance: Evidence from Indonesian Manufacturing Companies. Journal of Economics and Sustainable Development, 11(19), 19-27.

Lestari, N. I., & Lestari, S. (2021). Determinants of Corporate Social Responsibility in Manufacturing Companies: Evidence from Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 24(3), 402-411.

Soemarso, Y., & Handayani, H. (2020). The Influence of Company Characteristics on Corporate Social Responsibility Disclosure: Evidence from Indonesian Manufacturing Companies. Journal of Economics and Sustainable Development, 11(19), 1-11.