ANALISIS PEMASARAN KOPI KAPAL API PADA PT. FASTRA BUANA CABANG PEKANBARU

Main Article Content

Novid Hidayat

Abstract

Dalam hal ini yang menjadi Objek penelitian adalah konsumen yang membeli Kopi Kapal Api yang berada di Kota Pekanbaru yang menjadi sampel adalah konsumen yang membeli di PT Fastra Buana Cabang Pekanbaru. Karena keterbatasan waktu, dana dan tenaga maka peneliti menentukan sampel dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode slovin. Dengan metode slovin diperoleh sampel sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode judgment sampling (Sample Keputusan). Dalam menganalisa data dan informasi yang diperoleh penulis menggunakan metode deskriptif yaitu menyimpulkan data yang sudah diperoleh kemudian ditabulasikan ke dalam tabel, kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan teori yang sesuai dengan permasalahan dan kemudian diambil kesimpulannya. Hasil penelitian diketahui bahwa distribusi memperoleh bobot tertinggi dengan rata-rata sebesar 4,50 dari indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini. Dengan demikian, variabel distribusi masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan variabel harga memperoleh total bobot rata-rata sebesar 4,23 dari indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa variabel harga masuk dalam kategori sangat baik. Variabel produk memperoleh total bobot rata-rata sebesar 3,74 dari indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini. Sedangkan, variabel produk masuk dalam kategori baik. Variabel promosi memperoleh total bobot rata-rata sebesar 3,08 dari indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini. Hal ini menjelaskan bahwa bahwa variabel promosi masuk dalam kategori sedang.



Keywords: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Article Details

Section
Articles

References

Alma, H. Buchari, 2014, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh, Penerbit ALFABETA, Bandung.
Assauri, Sofjan, 2014, Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi, Jilid Ketujuh, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Fajar, Laksana, 2014, Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Fuad, M., H, Christin,Nurlela, Sugiarto, Y.E.F., Paulus, 2015, Pengantar Bisnis, Edisi Revisi, Rajawali Pers, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Khasan, Umar, 2016, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemasaran Kopi Kapal Api Jenis White Coffee Pada PT. Santos Jaya Abadi Jakarta (Studi Kasus di Jakarta Utara), Jurnal : ISSN 1978-0354 | e-ISSN 2622-013x
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2011, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Keller, 2015, Manajemen Pemasaran, Pengalih Bahasa Benyamin Molan, Edisi Revisi, Jilid 1I, PT. Indeks, Jakarta.

Lamb, Charles, Joseph F. Hair, Carl MacDaniel, 2011, Pemasaran : Marketing, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Lovelock, Christofher H., Lauren K. Wright, 2014, Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa oleh Ir.Agus Widyantoro dan tim, Edisi Revisi, Penerbit PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Handani. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Cetakan Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Oka, A. Yoeti, 2011, Strategi Pemasaran Hotel, Penerbit PT. Sun, Jakarta
Payne, Adrian, 2015, Services Marketing, Edisi I, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Praja, Yudha, 2016, Studi Tentang Pemasaran Kopi Kapal Api (Pada Konsumen Kapal Api Di Bondowoso), Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal ISBN 978-602-60569-2-4
Prihatono, Toto, 2018, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruh Pemasaran Kopi Bubuk Merek Kapal Api (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Ciputat Timur), Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) ISSN: 2614-4670(p), ISSN: 2598-8174 (e) Volume 2, Nomor 1 (2018): 1-9
Sunarto, 2013, Manajemen Pemasaran, BPFE.UST dan Mahenoko Total Design Yogyakarta.
Swasta, Basu, 2012, Azas-Azas Marketing, Edisi ketiga, Liberti, Yogyakarta.
Swasta, Basu, dan Irawan, 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua Liberti, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi I, Penerbit Andi, Yogyakarta.
______________, 2018, Manajemen Jasa, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Yazid, 2014, Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Cetakan Ke Sembilan, Ekonisia, Sleman, Yogyakarta.