PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN: MEMAHAMI DAMPAK DAYA SAING TERHADAP PRESTASI BERWIRAUSAHA IKM DI KOTA PEKANBARU

  • Fatkhurahman Fatkhurahman Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian selama ini lebih mengarah pengembangan soft skill dalam bentuk jiwa kewirausahaan lebih mengarah kepada generasi muda dan dunia pendidikan. Namun masih sedikit sekali kajian membahas pengembanga jiwa kewirausahaan pada generasi pelaku dalam arti pelaku usaha yang langsung belajar dari pengalaman mereka untuk mendapatkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan dengan menggunakna kuesioner kepada 100 orang pelaku usaha industri kecil di Kota Pekanbaru dan data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhaa. Hasil penelitian yang lebih fokus pada pelaku dunia usaha dalam mengembangkan soft skill nya, sejauhmana hal ini memberikan dampak pada prestasi berwirausaha mereka. berdasarkan hasil uraian di atas, maka dapat disimpulkan variabel pengembangan jiwa kewirausahaan dalam bentuk daya saing pelaku usaha berpengaruh positif dan sigifikan terhadap prestasi berwirausaha pelaku usaha kecil di kota Pekanbaru.


Keywords: Jiwa Kewirausahaan, Daya Saing, Prestasi Berwirausaha

References

An. Ubaedy. 2007. Kompetensi kunci dalam berprestasi, career, business & life, Bee Media Indonesia, Jakarta.
Cahyani, U. E. (2015). Pengembangan jiwa kewirausahaan berbasis syariah di IAIN Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 1(1), 198-219.
Hartono. 2013. Analisa Faktor Individual Pengusaha Mikro Dan Kecil Sektor Informal Dan Hubungannya Terhadap Kinerja Bisnis Di Jawa Timur, Jurnal Agora, Vol 1, No 3
Khairul Muluk. 2008. Knowledge Management, Pengantar M. Irfan Islami, Lembaga penerbit dan dokumentasi FIA Unibraw, Malang
Kurnia, C. F., Yuwana, N. N., & Cahyani, A. P. (2018). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. UNEJ e-Proceeding.
Leonardus Saiman. 2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus-kasus, Salemba Empat, Jakarta.
Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan., PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Maulana, H. (2018). Pengembangan jiwa kewirausahaan: studi kasus terhadap mahasiswa yang berwirausaha di Yogyakarta. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 21-29.
Moh. Pabundu Tika. 2010. Budaya organisasi dan peningkatan kinerja perusahaan, Bumi Aksara, Jakarta.
Panji Anoraga. 2005. Psikologi Kerja, Rineka Cipta, Jakarta.
Safri Nurmantu. 2007. Budaya Organisasi dari Chaster I Barnard ke Michael E. Porter, Selo Sumarjan Recearch Centre, Fisip UI, Jakarta.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional, Andi Offset, Yogyakarta.
Suhendar Sulaiman. 2013. Cara Mudah Menjadi Wirausahawan Sukses, Bahan Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 113-131.
Sutrisno, Edi. 2010. Budaya Organisasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Tb. Sjafri Mangkuprawira. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Ubaedy. 2007. Kompetensi kunci dalam Berprestasi, Career, Business dan Life, Bee Media Indonesia, Jakarta.
Utomo, H. (2012). Kontribusi soft skill dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Among Makarti, 3(1).
Published
2022-04-21
Section
Articles