MODEL PEMBERIAN KOMPENSASI PADA BISNIS PENDIDIKAN

  • Novita Novita STIE RIAU

Abstract

Abstrak: Bisnis pendidikan menjadi bagian penting dan kemajuan suatu bangsa karena membangun sumber daya manusia menjadikan daya saing bangsa. Namun persoalan yang dirasakan karyawan masih bermasalah dalam pemberian kompensasi khususnya bagi tenaga kependidikan yang mem berikan layanan kepada mahasiswa. Melalui penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 76 orang yang diambil secara purposive dan menggunakan kuesioner serta data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, Diperoleh hasil penelitian bahwa model pemberian kompensasi pada bisnis pendidikan yang dilihat pada perguruan tinggi lebih disebabkan oleh faktor budaya orgaanisasi, dimana hal kebiasaan bukan berdasarkan standar kebijakan pemerintah. Kompetensi karyawan tidak memberikan pengaruh yang signifikan karena tidak menjadi standar dalam melakukan rekrutmen tenaga kependidikan.

Kata Kunci:  Pemberian Kompensasi, Budaya Organisasi, Kompetensi

References

Koesmono, 2005, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur
Wirawan, 2012, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi dan Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.
Anoki, Herdian Dito, 2010, Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Slamet Langgeng Purbalingga dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening, skripsi, undip, semarang.
Ishak, 2004, Manajemen Motivasi, PT. Grafindo, Jakarta.
Istijanto, 2006, Riset Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ndraha Taliziduhu, 2005, Teori Budaya Organisasi, Rineka Cipta, Jakarta.
Nurmantu, 2007, Budaya Organisasi dari Chaster I Barnard ke Michael E. Porter, Selo Sumarjan Recearch Centre, Fisip UI, Jakarta.
Soetjipto, 2007, Paradigma baru manajemen sumber daya manusia, Editor Usmara, Amara Books, Yogyakarta.
Tika, Pabundu, 2005, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2022-04-21
Section
Articles