PARTISIPASI ANGGOTA DALAM MENDORONG KINERJA PENGURUS KUD

  • Risman Risman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau

Abstract

Abstrak

Pengembangan dan pemberdayaan Koperasi dalam suatu kebijakan Perkoperasian harus mencerminkan nilai dan prinsip Koperasi sebagai wadah usaha bersama untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan ekonomi Anggota sehingga tumbuh menjadi kuat, sehat, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi perkembangan ekonomi nasional dan global yang semakin dinamis dan penuh tantangan.  Pentingnya pengurus dalam mencapai kinerja KUD menjadi sebuah tanda tanya, apakah perlu partisipasi dari anggota untuk mencapai keberhasilan koperasi. Melalui jenis penelitian kuantitatif dengan sampel anggota koperasi sebanyak 93 oang dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner serta dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti partisipasi anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengurus KUD, dimaa melalui partisipasi dalam mengikuti rapat anggota tahunan dan memberikan masukan dalam perbaikan KUD serta aktif dalam membayar iuran sukarela akan mendorong KUD berkinerja baik.

Kata Kunci: Partisipasi Anggota, Kinerja Pengurus KUD

References

Bambang, 2001, Responsivitas dan Akuntabilitas Sektor Publik, Dalam Jurnal Administrasi Negara (Volume 1 No. 2 Maret 2001), FIA Unibraw, Malang.
Dwiyanto, Agus, 2005, Penilaian Kinerja Organiasi Publik, Yogyakarta : UGM
Hendra, G. (2012). Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Kinerja Pengurus KUD Langgeng Desa Marsawa Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Suhendar Sulaeman, 2013, Bahan Kuliah Kewirausahaan, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2005, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset.
Wahjosumidjo, 2009, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Published
2022-04-21
Section
Articles