PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT ASURANSI ASKRIDA SYARIAH PEKANBARU DAN KEPUASAN KARYAWAN PT BANK RIAU KEPRI SYARIAH

Main Article Content

Juniyanto Sudarna
Zulkarnain Zulkarnain
Ediyanus Herman Halim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap citra perusahaan PT Asuransi Askrida Syariah Pekanbaru dan kepuasan PT Bank Riau Kepri Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Bank Riau Kepri Syariah di Pekanbaru. Dalam pengambilan sampel dengan menggunakan sensus, seluruh populasi dijadikan sampel. Ada tiga bagian Organisasi di Bank Riau Kepri Syariah yang menjadi rekanan di PT. Asuransi Askrida Syariah di Pekanbaru yaitu Pimpinan Cabang, Pimpinan Bank Riau Kepri dan Pimpinan Bank Kepri masing-masing 2 orang untuk bagian Tata Usaha dan Kepala Cabang dan 1 orang untuk store dan marketing Bank Riau Kepri 2 orang dan 1 orang untuk toko Bank Riau Kepri sehingga dari jumlah sampel sehingga total sampel menjadi 102 dengan menggunakan teknik analisis SEM. Hasil dalam penelitian ini bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan. Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan melalui citra perusahaan. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan melalui citra perusahaan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Adhi. A.Y dan N. Ernawati. 2013. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Hotel Candi Indah Semarang. Jurnal Mahasiswa Q-MAN. I (3) 44-56.
Alma, B. 2006.Manajemen Pemasaran dan Jasa. CV Alfabeta, Bandung.
Ardiawan, W. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan nasabah (studi kasus pada Luwes loji Wetan Solo). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Aydin, S. and G. Ozer. 2006. How Switching Costs Affect Subscriber Loyalty in the Turkish Mobile Phone Market: An Exploratory Study. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing. 14 (2). 141-155.
Erviana, O. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Soewondo Kendal. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Ferdinand, A.2016. Metode Penelitian Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Undip. Semarang:
-----------, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program SPSS. Badan Universitas Dipenogoro. Semarang.
Gujarati, D. N. 2007. Ekonometrika Dasar. Cetakan Keenam. Erlangga. Jakarta.
Ishak, A. 2011, Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs, Jurnal Siasat Bisnis. 15(1).
Jayaraman, M., S. Chelliah dan H. W. Mun. 2010. Service Quality Delivery and Its Impact on Customer Satisfaction in the Banking Sector in Malaysia. International Journal of Innovation, Management and Technology. 1 (4).
Joseph, M. dan A. Rofiq. 2010. The Effect of Customers Trust on ECommerce: A Survey of Indonesian Customer B to C Transactions. Journal of Marketing Research. 30( 7-27).
Kotler, P dan K. Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Salemba Empat. Jakarta.
_______. 2005. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Salemba Empat. Jakarta..
________. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT Prehallindo. Jakarta.
Kusmayadi, T. 2007. Pengaruh relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan STIE STAN Indonesia mandiri.Jurnal Manajermen Bisnis 2 (1).55-58.
Maharani, A.D. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Fakultas Ekonomi. Undip. Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1 (2). 44-49.
Muhammad, A. 2015. Hukum Asuransi Indonesia. Citra Aditya Bakti. Bandung.