PERAN MANAJEMEN USAHA DAN PROGRAM PENDAMPINGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA UMKM TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA PEKANBARU (STUDI EMPIRIS PADA UMKM MITRA KERJA BMT PERMATA INDONESIA PEKANBARU)

Main Article Content

Rahayu Setianingsih
Arya Kharismahendra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang peran manajemen usaha dan program kemitraan dalam meningkatkan daya saing UMKM di Kota Pekanbaru. Seberapa besar peningkatan daya saing UMKM jika dikelola dengan manajemen yang baik, dan bagaimana menciptakan skema kemitraan pemberdayaan UMKM yang mampu bercita-cita unggul dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan daya saing UMMK. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 UMKM di berbagai sektor usaha dengan menggunakan metode studi kasus. Metode yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam analisis data, metode Bayes juga digunakan, yang merupakan pendekatan statistik untuk menghitung timbal balik antara keputusan yang berbeda, dengan menggunakan probabilitas yang menyertai suatu keputusan. Hasil kajian menunjukkan bahwa 1) Kondisi UMKM yang terdampak covid mengalami penurunan omzet yang signifikan, karena penjualannya selalu menurun. 2) Manajemen usaha berperan penting dalam UMKM yang terkena dampak Covid karena dengan pengelolaan usaha yang baik maka UMKM dapat meningkatkan omzet atau bertahan di masa Covid terutama UMKM yang sudah lama berdiri, dan 3) Peran program pendampingan sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing UMKM yang telah lama berdiri. terdampak covid, dimana adanya program pendampingan dengan pola kemitraan berupa bantuan permodalan mampu meningkatkan omzet penjualan meskipun tidak signifikan selain itu sebagian besar UMKM masih memiliki daya saing.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ariefianto L. 2015. Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia Tbk Dan Dampaknya Terhadap Keberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 2.
Carayannis, E. G., & Campbell, D. F. J.2010. Triple Helix, Quadruple Helix and Quintuple Helix and How Do Knowledge, Innovation and the Environment Relate To Each Other? International Journal of Social Ecology and Sustainable Development, Vol.1, No.1. https://doi.org/10.4018/jsesd.2010010105
Etzkowitz, H. & Leydesdorff, L. 1995. The Triple Helix -- University-Industry-Government Relations: A Laboratory for Knowledge Based Economic Development. EASST Review, Vol. 14, No. 1, 1995. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=2480085
Etzkowitz, H., Ranga, M., Benner, M., Guaranys, L, Maculan, A. M. and Kneller R. 2008. Pathways to the Entrepreneurial University: Towards a Global Convergence. Science and Public Policy 35.
Karsidi R. 2007. Pemberdayaan Masyarakat Untuk Usaha Kecil Dan Mikro (Pengalaman Empiris Di Wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan. Vol. 3, No. 2.
Leydesdorff, L. 2012. Configurational Information as Potentially Negative Entropy: The Triple Helix Model. Entropy 10.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT . Remaja Rosdakarya. Bandung.
Partomo, TS, S.Soejono dan Abd. Rachman. 2002. Ekonomi Skala Kecil, Menengah dan Koprasi. Jakarta : Galia Indonesia
Satori et al. 2015. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program CSR PT. Indocement (Studi Kasus di Blok Kebon Gedang Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah. Institut Agama Islam Negeri
Stoner, S dan Freeman, Edward. 2009. Management. New Jersey: Prentice Hall inc.
Suharto. 2010. Membangun Masyarakat. Memberdayakan Rakyat. Bandung : Reflika Aditama








Susanto, D (2010) Strategi Peningkatan Kapasitas Modal Sosial dan Kualitas Sumberdaya Manusia Pendamping Pengembangan Masyarakat. Vol. 8 (1) 77-89.
Suyono H. 2013. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung (ID): Alfabeta
Svensson, Anja Beate. 2015. Innovation in Waste Management A case study of the Oslo Region as an Emerging Regional Innovation System in Waste Management. Master Thesis at TIK Centre for Technology, Innovation and Culture Faculty of Social Science, University of Oslo.
Tambunan, T. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia, Isu-isu Penting. Jakarta : Penerbit LP3ES
Twelvetrees, A. 1991. Community Work. McMillan. London.
Wirawan. 2007. Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.