PENGARUH KEMITRAAN DAN INOVASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DOSEN PTS BIDANG EKONOMI DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Hadiyati Hadiyati
Fatkhurahman Fatkhurahman

Abstract

Pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi sebagai bentuk kewajiban dosen menjadi bagian penting, khusus bidang pengabdian masyarakat seorang dosen membutuhkan daya kreasi dalam menganalisis situasi permasalahan yang dihadapi masyarakat dan hal inilah dari masih dinilai belum optimal. Perguruan tinggi swasta di Kota Pekanbaru berjumlah 11 PTS dengan dosen sebanyak 284 orang, di tahun 2020 daftar penerima hibah pengabdian dikti hanya sebanyak 5 judul atau sebesar 1,76%. Kondisi ini mengindikasikan masih rendahnya kinerja dosen bidang pengabdian masyarakat pada PTS bidang ekonomi di Kota Pekanbaru yang membutuhkan kewirausahaan sosial yang tinggi. Diduga terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kewirausahaan sosial dosen diantaranya adalah kemitraan dan inovasi.  Metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari populasi dosen PTS bidang ekonomi sebanyak 284 orang dengan sampel diambil sebanyak 74 orang dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner online dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan alat regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti variabel kemitraan dan inovasi berpengaruh signifikan terhadap kewirausahaan sosial dosen PTS di Kota Pekanbaru dan juga diketahui variable inovasi memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan kemitraan terhadap kewirausahaan social dosen

Article Details

Section
Articles

References

Ariefiantoro, T. (2015). Peran inovasi dan kemitraan dalam meningkatkan keunggulan bersaing umkm batik semarangan. In prosiding seminar nasional & internasional.
Askandar, N. S., & Masyhuri, M. (2018, September). Model ‘smart’CSR yang Inovatif Melalui Kemitraan. In Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat (Vol. 1, pp. 125-131).
Diandra, D. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 1340-1347).
Fatkhurahman, N. P. M. (2018). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kemitraan Terhadap Kebijakan Bisnis dan Kinerja Pengelola Serta Dampaknya Pada Keunggulan Bersaing Industri Kecil Makanan di Propinsi Riau (Doctoral dissertation, Unpas).
Firdaus, N. (2018). Pengentasan kemiskinan melalui pendekatan kewirausahaan sosial. Jurnal ekonomi dan Pembangunan, 22(1), 55-67.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Hulgard, L. (2010). Dircouses of Social Entrepreneurship Variation of The Same Theme. Emes The European Research Network.
Manurung, L. (2013). Strategi & Inovasi Model Bisnis Meningkatkan Kinerja Usaha: Studi. Elex Media Komputindo.
Manurung, L. (2013). Strategi & Inovasi Model Bisnis Meningkatkan Kinerja Usaha: Studi. Elex Media Komputindo.
Palesangi, M. (2012). Pemuda indonesia dan kewirausahaan sosial. Prosiding Seminas, 1(2).
Palesangi, M. (2012). Pemuda indonesia dan kewirausahaan sosial. Prosiding Seminas, 1(2).
Raldianingrat, W. (2014). Upaya Peningkatan Kineja Industri Kreatif Kerajinan Melalui People Equity Dan Strategi Inovasi Di Kabupaten Konawe. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 102-112.
Rani, M. S., & Teguh, M. (2016). Analisis Implementasi Kewirausahaan Sosial Dalam Program Klinik Sungai Universitas Ciputra.
Reginald, A. R., & Mawardi, I. (2015). Kewirausahaan Sosial Pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(5).
Rianto, S., & Al Bani, Q. (2014). Pengaruh Kemitraan Dan Kewirausahaan Terhadap Saluran Distribusi, Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha Umkm Di Kabupaten Brebes. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 4(1).
Samsudi, S., Widodo, J., & Margunani, M. (2016). Strategi kemitraan SMK dengan stakeholders dalam pengembangan kewirausahaan lulusan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 175-180.
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Sofia, I. P. (2017). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) sebagai gagasan inovasi sosial bagi pembangunan perekonomian. WIDYAKALA JOURNAL, 2(1), 2-23.
Sya’roni, D. A. W., & Sudirham, J. J. (2012). Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(01), 1-17.
Utami, D. W. (2019). Distribusi sebagai mediasi kepemimpinan, kemitraan dan kewirausahaan terhadap kinerja bisnis terasi di Sidoarjo (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).
Utomo, H. (2015). Menumbuhkan minat kewirausahaan sosial. Among Makarti, 7(14).