ECO-ENZYM: PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK MENJADI PRODUK SERBAGUNA DI KELURAHAN KAMPUNG BARU

Main Article Content

Hasim As'ari Oldi Yusepri Rachel Mutiara Aditya Maori Azzahra Ramadhani Muhammad Akbar Perdana Sariulina Stephany Manurung Putri Rohani Gultom Wulan Marlina Sari Isdayani Tarigan Harry Agustin Hutasoit Lala Tamrin

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh semua orang. Sampah dapat membahayakan kesehatan serta lingkungan jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Limbah rumah tangga merupakan salah satu penghasil sampah organik maupun anorganik. Sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang lain, sedangkan sampah organik biasanya dibuang dan dibiarkan. Solusi untuk mengurangi pembuangan sampah organik yaitu dengan mengelolah sampah organik menjadi ekoenzim. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan pelatihan dengan metode demosntrasi menggunakan media presentasi dan praktik langsung pembuatan ekoenzim. ekoenzim dapat digunakan untuk pembersih multiguna, seperti cuci piring, membersihkan kamar mandi, jendela, motor, dan lain sebagainya. Hasil dari pengabdian ini adalah penambahan pengetahuan dalam menerapkan pembuatan ekoenzim untuk mengurangi sampah organik oleh ibu rumah tangga.

Article Details

Section
Articles

References

Eviati dan Sulaeman.2009. Analisa Kimia Tanah, Tanaman, Air Dan Pupuk.Badan Penelitian Dan
Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian,Bogor.
Ramli R dan Hamzah F. 2017. Pemanfaatan Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Dan Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill) Dalam Pembuatan Fruit Leather. Jurnal Faperta. 4 (1): 1-9.
Sujarwo, Tristanti, & Widyaningsih.2014.Pengelolaan Sampah Organik & Anorganik.Jurusan Pendidikan Luar Sekolah,Yogyakarta.
Yunik’ati, Imam, R. M., Hariyadi, F., & Choirotin, I.2019. Sadar Pilah Sampah Dengan Konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) Di Desa Gedongarum, Kanor, Bojonegoro. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat . 2(2): 81–87.
Yusuf, dan Guntur. 2008. Bioremediasi Limbah Rumah Tangga Dengan Sistem Simulasi Tanaman Air. Jurnal Bumi Lestari. 8 (2):136-144.
Yulistia, E., & Chimayati, R. L. (2021). Pemanfaatan Limbah Organik menjadi Ekoenzim. Unbara Environment Engineerring Journal, 02(01), 1–6.