DESAIN GEDUNG PELATIHAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI DESA ARGOSARI DIY

Main Article Content

Ahmad Zaki Arni Surwanti Yessi Jusman Bunsa Jondan Satriawan

Abstract

Ramah difabel merupakan istilah yang sering dilekatkan pada berbagai sarana prasarana maupun layanan publik. Sering pula kita menjumpai istilah puskesmas ramah difabel, sekolah atau kampus ramah difabel, kantor pemerintah ramah difabel, gedung ramah difabel, dan sebagainya. Sehingga sekarang sudah merupakan keharusan semua sarana prasarana dan fasilitas layanan publik bisa digunakan oleh semua kalangan termasuk kaum difabel. Salah satu ciri fasilitas  ramah difabel adalah terbukanya seluruh akses dengan baik, misalnya, tersedianya ramp (jalan miring) untuk masuk ke sebuah gedung, adanya tangga dengan pegangan tangan, lift, dan wc atau toilet khusus difabel di setiap gedung. Di sisi lain, kaum difabel sangat membutuhkan berbagai macam pelatihan keterampilan baik softskill dan hardskill untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi pada masyarakat. Sehingga, adanya gedung pelatihan khusus difabel sangat dibutuhkan khususnya di wilayah Bantul, tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Sedayu. Melalui program pengabdian kemitraan masyarakat ini kami bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq Sodhaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kecamatan Sedayu untuk mendesain gedung pelatihan ramah difabel. Gedung pelatihan ini akan didirikan pada tanah wakaf kader Muhammadiyah Sedayu. Pengabdian ini dimulai dengan pengukuran tanah dan pemetaan tanah dan desain gedung menggunakan Autocad dan Google SketchUp.

Article Details

Section
Articles

References

Widinarsih D, 92019) "Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi," Vol. 20, No. 2, pp. 127-142.
Setyaningsih R and Gutama T A, (2016) "Pengembangan Kemandirian bagi Kaum Difabel (Studi Kasus pada Peran Paguyuban Sehati dalam Upaya Pengembangan Kemandirian bagi Kaum Difabel di Kabupaten Sukoharjo)," Vol. 31, No. 1, pp. 42-52.
Syafi'ie M (2014), "Pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas," Vol. 1, No. 2, pp. 269-308
Julaeha S (2019), "Evaluasi Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunadaksa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta", Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Yogyakarta.
Jefri T, (2016) "Aksesibilitas sarana dan prasarana bagi penyandang tunadaksa di Universitas Brawijaya," Vol. 3, No. 1, pp. 16-25
Bachtiar Y B (2019), "Evaluasi Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunanetra Dan Tunadaksa Terhadap Elemen Aksesibilitas Gedung Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta", Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Yogyakarta.