PEMBERDAYAAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAAN KKM TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN BERKUALITAS KEPADA MASYARAKAT DI DESA PEGANDIKAN KECAMATAN LEBAK WANGI Pemberdayaan Mahasiswa Dalam Melaksanaan KKM Tematik Untuk Meningkatkan Kepribadian Berkualitas Kepada Masyarakat Di Desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi

Main Article Content

Irwanto Irwanto

Abstract

Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan suatu wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. KKN dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Seperti yang tercantum dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi mendefinisikan mengenai jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah dari program diploma sampai program spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Dengan pelaksanaan KKM Tematik ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa. Adapun tujuan dalam penulisan artikel pengabdian ini adalah untuk mengetahui peranan KKM Tematik dalam meningkatkan kualitas Kepribadian mahasiswa dalam melaksanakan KKM di Desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa peserta KKM Tematik kelompok 78 di Desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kompetensi sosial mahasiswa dan kompetensi kepribadian mahasiswa yang dirasakan oleh masyarakat selama KKM Tematik kelompok 78 di desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang berlangsung. Dari hasil pengabdian diperoleh bahwa peranan KKM sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa khususnya kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian sangat jelas didapati dilokasi KKM Tematik kelompok 78 di Desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang. KKM Tematik dapat meningkatkan empati, kepedulian, kerjasama secara multidisipliner, kepribadian, kontribusi daya saing daerah

Article Details

Section
Articles

References

BP-KKN. 2016. Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung.
David Berry. 2003. Pokok-pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dina Kusniah. 2017. Studi Perkembangan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Mahasiswa Calon Guru PAI UIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2016/2017. Thesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Fida’ Ahmad dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Rineka Cipta.
Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Moelong, Lexy L. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pedoman Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KKM Tematik). 2022. “Kuliah Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Soerjono Soekantor. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Syamsu Yusuf LN dan A. Juntika Nurihsan. 2007. Teori kepribadian, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syardiansah. 2017. PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB Vol 7 No.1. hlm. 57-68.
Teja Negara dkk. 2022. LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA MAHASISWA (KKM) UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Desa Pegandikan, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kasmir . 2013. Pengertian Enterpreneurship (Kewirausahaan). Akademi Terang Bangsa.