MENGUPAYAKAN KEMAJUAN SISWA-SISWI SMPN 02 SUNGAI APIT DALAM MEMAKSIMALKAN PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI PADA MASA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Filma Alia Sari
Aufarrifqi Muthahhari Aziz
Welsa Alfiona Putri Yudnovon
Nisa Rahtu Afni
Agung Patria
Amiratul Fatina
Fanny Miftah Fadillah
M. Farhan Yasfa
Muhammad Sultan Arief
Siti Nurazizah
Wheny Rismawati

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era dimana berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, dimana atas kehadiran berpengaruh pada berbagai aspek salah satunya pendidikan, Pendidikan adalah pilar utama dalam revolusi industri 4.0 karena hadirnya teknologi merupakan “produk” dari pendidikan itu sendiri, Pendidikan formal seperti sekolah memiliki peran penting pada proses adaptasi siswa-siswi peserta didik agar tidak tertinggal dengan teknologi, sama halnya yang bisa dilakukan SMPN 2 Sungai Apit sebagai upaya meningkatkan kemajuan siswa-siswi dalam pemaksimalan penerapan teknologi yaitu dengan pemanfaatan teknologi digital dalam setiap pembelajaran, di mana guru sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan proses pembelajaran memiliki kebebasan untuk mendesain model pembelajarannya, misalnya dengan memanfaatkan video penjelasan yang di desain menarik dan model lainnya yang membuat siswa-siswi tidak jenuh serta mengadopsi model pembelajaran berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, dan mathematics), dengan hal ini siswa diberikan kemerdekaan untuk dapat mengembangkan kreativitasnya.

Article Details

Section
Articles

References

Syamsuar, Syamsuar, and Reflianto. "Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0" E Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6.2, 2019.”
Noor, Idris HM. "Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi" Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16.3 (2010): 285-297.
Susilo, J., Pujiatna, T., & Firmasari, S. (2020). Pembinaan Tata Bahasa dan Bentuk Surat-Menyurat Indonesia Berbasis Microsoft di Desa
Mandala, Duku puntang Kabupaten Cirebon. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 173-177.
Riduwan, Akhmad. "Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi." Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 3.2 (2016): 95.
Revy Safitri, dkk. 2016. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penerapan Teknologi Tepat Guna Berbasis Lingkungan Dan Ekonomi Di Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Universitas Bangka Belitung.