BETERNAK AYAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASIN PALAS- PEKANBARU

Main Article Content

Sri Utami Lestari
Seprita Lidar
M Rizal

Abstract

Ponpes Darul Mukhlasin Palas- Pekanbaru,  Ponpes ini mempunyai lahan kosong yang cukup luas sekitar ±0,5 ha yang merupakan potensi untuk bisa dikembangkan, melalui peningkatan kemandirian pangan.  Strategi untuk mewujudkan kemandirian pangan adalah pengembangan penganekaragam pangan. Terkait permasalahan mitra maka dibutuhkan solusi pemecahan masalahnya antara lain : memberikan pembekalan materi dan ketrampilan mitra tentang beternak ayam , Mengolah lahan tidak produktif menjadi lahan produktif untuk beternak.  Metode pelaksanaan meliputi praktek praktek beternak ayam, pendampingan. Untuk keberlanjutan program ini  tim PKM akan melakukan : Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan program. Kesimpulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Ponpes Darul Mukhlasin untuk beternak ayam 100% didapatkan pencapaian hasil produksi dan tingkat pengetahuan santri akan beternak ayam.Peningkatan ketahanan pangan pondok pesantren perlu dilakukan secara kontinew, beternak ayam kampung menjadi sangat produktif berkelanjutan jika system pertanian terpadu integrasi dengan ikan atau kebutuhan lauk pauk.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Al-Kautsari,MM.2014. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pondok Pesantren. Skripsi. Fakultas Dahwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Hayanti.S.Y, 2014. Petunjuk Teknis Budidaya Ayam Kampung Unggul (KUB). Badan Litbang Pertanian di Provinsi Jambi. Jambi.

Purwarni,I, Al-Muhdhar,H.I dan Rohman,F. 2017. Pengembangan Buku Petunjuk Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk Santri Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Vo.2 No.11 November 2017. Halaman 1561-1566

Rosyadi, I dan Purnomo, 2012. Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Desa Tertinggal. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol.13 No.2 Desember 2012. Halaman 303 – 315. Surakarta.