MANAJEMEN PENGELOLAAN ZERO WASTE DI SMK MUDA PEKANBARU

Main Article Content

Jeni Wardi
Liviawati Liviawati
Gusmarila Eka Putri

Abstract

Budaya pengelolaan sampah harus diedukasi sejak dini dan di setiap lapisan masyarakat. Oleh karena itu, perlu gerakan dari berbagai elemen termasuk perguruan tinggi   serta lembaga pendidikan lain dalam upaya penanggulangan sampah. Berdasarkan hal ini Kami tim pengabdian dosen FEB unilak berupaya untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan budaya pengelolaan sampah melalui gerakan zero waste. Tempat pengabdian kami sebagai mitra dalam hal ini adalah SMK Muhamadiyah 2 Pekanbaru yang mempunyai Misi Menumbuh kembangkan budaya hidup hemat energi, cinta kebersihan, dan keindahan serta kelestarian lingkungan bagi seluruh warga sekolahnya. Berdasarkan  rincian  permasalahan  yang  dihadapi  mitra,  maka  kami Tim PKM FEB unilak memberikan solusi melalui kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan cara Memberikan edukasi tentang penanganan sampah sejak dini melalui penyampaian materi oleh TIM PKM FEB unilak terkait   gerakan zero waste, optimalisasi fasilitas yang ada di sekolah sebagai cikal bakal bank sampah yang sesuai dengan sifat dan jenis sampah dengan membuatkan bagan flowchart siklus penerimaan sampah dari siswa/nasabah mulai dari awal sampai akhir yang bertujuan untuk efektif dan efesiensi  operasional Bank Sampah. Merealisasikan gerakan zero waste melalui kegiatan sosialisasi pembersihan, pemilahan, dan penanggulangan  sampah  sesuai prinsip  3R  (reduce,  reuse,  dan  recycle).


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Andi Cahyadi, Sriati, Andy Al Fatih, 2018, ”Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah di Kabupaten Purbalingga”, Demography Journal of Sriwijaya, Vol. 2, Fakultas Sriwijaya.
Anih Sri Suryani, 2014, “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang”, Jurnal DPR, Vol. 5, Nomor 1.
Anis Indah Kurnia dan Dadang Romansyah, 2015, “Rancangan sistem siklus akuntansi pada bank sampah Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol.
3, Nomor 1, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI.
Valentine Theresia, 2019., “ Peran Bank Sampah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan di Kota Yogyakarta”.