SOSIALISASI CERDAS BERTEKNOLOGI BAGI ANAK DAN REMAJA MUSHALLA NURJANNAH

Main Article Content

Nurmaliana Pohan
Zulfitri Yani
Refli Noviardi

Abstract

Cerdas berteknologi pada anak dan remaja telah menjadi topik yang semakin penting dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaan teknologi dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan keterampilan teknologi, kreativitas, dan akses ke sumber daya pendidikan dan informasi yang luas. Namun, penggunaan teknologi yang berlebihan atau tidak terkendali dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan dan pembatasan waktu layar yang tepat bagi anak-anak dan remaja untuk mengurangi dampak negatif penggunaan teknologi. Orang tua dan pengasuh juga dapat membantu anak-anak dan remaja untuk membangun keterampilan digital yang sehat dan melakukan kegiatan lain di luar teknologi untuk memperkuat hubungan sosial dan mengurangi waktu layar. Dengan mengambil tindakan yang tepat, penggunaan teknologi dapat memberikan manfaat yang bermanfaat bagi anak-anak dan remaja dan meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul.

Article Details

Section
Articles

References

Adisasmita, A. (2018). Media Sosial Sehat dan Cerdas untuk Remaja. PT. Elex Media Komputindo.
Aditya, K. (2018). Mengajari Anak-Anak tentang Internet dengan Baik dan Benar. PT. Elex Media Komputindo.
Aryanti, T.; Sutikno, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Cerdas Berteknologi terhadap Kemampuan Literasi Digital dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 1–7.
Dwihandoyo, A. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Bumi Aksara.
Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida Press.
Graber, Diana; Borba, M. (2019). Raising Humans in a Digital World: Helping Kids Build a Healthy Relationship with Technology. Amacom.
Gracia, A. (2021). Makalah : Gawai dan Teknologi pada Kerja Otak Anak.
Hapsari, R; Hidayanto, A. N. (2020). Hubungan Antara Penggunaan Internet dengan Kecemasan Sosial pada Remaja. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 7(2), 96–102.
Ika, N. (2020). Digital Parenting: Menjadi Orang Tua di Era Digital. PT. Elex Media Komputindo.
Kurniawan, D.D.; Mutakinati, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 67–76.
Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. PT. Raja Grafindo Persada.
Romadhon, I. C. (2019). Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rukiyah, R; Masitoh, L. F. (2019). Parenting dalam Era Digital: Strategi Orang Tua dalam Menghadapi Pengaruh Media Sosial pada Anak dan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 5(2), 171–182.
Sutikno, S. (2020). Penerapan Cerdas Berteknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Komputer, 8(2), 77–84.
Wahyuningsih, S. (2021). Makalah : Akselerasi Teknologi dan Keselamatan Anak.
Wulandani, S. P.; Fitriani, N. D. (2019). Parenting Era Digital: Memahami dan Mendampingi Anak-Anak di Dunia Maya. Gramedia Pustaka Utama.
Zamroni. (2008). The Socio-cultural Aspect of Technology Diffusion a Reader. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.